18 LKSA Resmi Terakreditasi di Tahun 2018

NGAMPRAH– Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat memastikan tahun ini ada 18 lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) atau panti asuhan dari total 42 LKSA yang terakreditasi oleh Kemensos. “Yang terakreditasi itu ada 18 LKSA di KBB,” kata Kabid Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, Dewi Nur Angraeni di Ngamprah, baru-baru ini.

Dewi menyebutkan, akreditasi ini sangat perlu dilakukan guna mengetahui standar operasional dari sebuah panti asuhan. Melalui akreditasi, ujar dia, dapat meminimalisir dari oknum tertentu seperti aksi pelecehan seksual, kekerasan pada anak dan lain-lain. “Dengan akreditasi mereka punya standar pengelolaan anak asuh. Kita juga bakal mengetahui berapa jumlah anak di panti asuhan dan bagaimana pola asuhnya,” paparnya.

Bagi LKSA yang sudah terakreditasi, sebut dia, akan mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah. Khusus dari pemerintah daerah akan menggelontorkan bantuan hibah sebebar Rp10 juta/LKSA/tahun. “Sebetulnya jumlah LKSA itu lebih dari 42. Hanya saja yang terdaftar di kami itu baru 42. Sisanya masih banyak yang belum melaporkan kepada kami,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *