Cibuluh Miliki Potensi untuk Dikembangkan

SOREANG – Untuk mendorong program Kabupaten Bandung 1000 kampung, Kampung Cibuluh yang dulunya kumuh, kini menjadi desa wisata dengan mengedepankan keindahan alam dan hasil pertanian.

Dibawah Dinas Perumahan rakyat, Pemukiman dan pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung Desa Cibuluh dilakukan penataan lingkungan. Sehingga, kampung yang terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan terlihat asri dengan suasana alam pedesaan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bandung Dadang M. Naser melakukan persemian Kampung Agro Wisata dalam Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) dalam mewujudkan Bandung 1000 Kampung sebagai rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-377 Kabupaten Bandung.

Selain itu, Kampung Cibuluh, penataan lainnya juga dilakukan terhadap Kampung Wangun, Desa Pasirmulya, Kecamatan Banjaran, Kampung Cilodong, Desa Karangtunggal, Kecamatan Paseh, Kampung Cileutik, Desa Pananjung, Kecamatan Cangkuang, dan puluhan kampung lainnya yang digagas Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung.

Kampung Cibuluh ini, sudah dilakukan penataan mulai dari infrastruktur jalan, Jaringan listrik, termasuk perbaikan-perbaikan rumah yang tidak layak huni.

“ Saat ini, kita akan terus membangun dari kampung untuk Indonesia. Kampung-kampung kita tata, apalagi dulu Kampung Cibuluh awalnya hanya kampung yang terisolir,’’ jelas Dadang ketika ditemui disela-sela peresmiankemarin (25/4)

Dia menceritakan, keberadaan kampung ini pada mulainya banyak mengalami permasalahan sosial. Namun, berkat pembinaan dan penataan Kampung Cibuluh kini sangat asri.

Sebelumnya, lanjut dia, warga selalu kesulitan air bersih. Bahkan, desa ini selalu gelap karena listrik belum masuk. Selain itu, kondisi jalan akses masuk kampung sangat buruk. Ditambah angka kematian ibu dan bayi juga tinggi.

Bupati Bandung Dadang M. Naser bersama Kadis Perkimtam Erwin Rinaldi meninjau fasilitas pembangunan.

Selain itu, jauhnya jarak rumah dengan SMA terdekat juga menyebabkan rendahnya tingkat pendidikan warga. Malah, jarak dengan SMA terdekat harus menghabiskan Rp. 30.000 untuk ongkos ojek sekali jalan.

Namun, dengan adanya terobosan dari Pemkab Bandung kini Kampung Cibuluh berubah menjadi perkampungan yang sehat dan asri. Sehingga, diharapkan penghuninyapun akan selalu bahagia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan