Memperkuat Karakter Siswa Dengan Belajar Beladiri

DALAM tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat dan iman yang mantap. Agar tubuh tetap sehat, maka kita harus melakukan aktifitas dengan mengacu pada pola hidup sehat, yaitu dengan cara olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan juga senantiasa berpikir positif. Tips and trick tersebut sudah tentu telah diketahui oleh banyak orang. Namun sayangnya, jarang yang mampu melaksanakan dengan sungguh-sungguh terutama dalam hal olahraga. Banyak yang tidak menyadari pentingya berjalan kaki, padahal ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan seribu langkah setiap hari. Bergeraknya tubuh dapat menyehatkan, apalagi bila dilakukan secara teratur dan proporsional.

Banyak aktifitas olahraga yang dapat dilakukan oleh manusia, mulai dari yang ringan hingga yang berat, serta dari yang gratis hingga yang berbayar. Pilihan olahraga yang digeluti hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan serta kekuatan masing-masing. Terlalu memaksakan dalam berolahraga juga kurang baik, atau malas sekalipun itu tetap membahayakan. Pada intinya aktifitas olahraga harus bisa terukur dan teratur dan dilakukan dengan senang hati. Kesenangan dalam melakukan kegiatan olahraga mampu menghilangkan faktor kejenuhan dan mudah lelah. Sadar akan pentingnya olahraga juga menjadi pendorong semangat secara tersendiri. Kesadaran hanya dapat terbangun dari adanya pengetahuan. Pengetahuan akan pentingnya kesehatan harus senantiasa dicari.

Aktifitas beladiri bisa dijadikan sebagai wahana olahraga yang mempunyai nilai tambah tersendiri. Nilai plus disini mengandung arti bahwa, selain berolahraga, beladiri pun dapat dijadikan sebagai sarana pertahanan diri. Tak hanya itu, sikap dan karakter pun akan terlatih dengan adanya aktifitas beladiri ini. Karena di dalam pelatihan beladiri diajarkan nilai-nilai karakter diantaranya sabar, tekun, tidak sombong, pantang menyerah, toleransi, hormat-menghormati, sportif, jujur, suka menolong, dan tanggung jawab. Tentunya nilai-nilai karakter ini pula yang akan menjadikan lingkungan menjadi lebih kondusif, aman, damai dan tenteram. Hal inilah yang akan menjadikan kehidupan menjadi lebih indah.

Banyak sekali jenis beladiri yang ada di dunia ini. Hampir sebagian terlahir secara khas dan memiliki keunikan serta ciri khasnya tersendiri. Secara umum, beladiri di setiap negara biasanya memiliki kemiripan, baik itu dalam segi jurus, teknik maupun tradisi dalam berlatihnya. Beladiri di sebuah negara dipengaruhi oleh keadaan alam dan juga budaya masyarakat didalamnya. Tidak sedikit beladiri lahir di sebuah negara akibat dari penindasan dari kaum penjajah atau penguasa kala itu. Banyak negara-negara yang mempunyai beladiri yang khas dan juga terkenal di dunia, diantaranya adalah Jepang, Korea, China, Indonesia, Thailand, India dan lain-lain. Di masing-masing negara tersebut berkembang tidak hanya satu beladiri bahkan bisa lebih dari satu, contohnya negara jepang. Jepang memiliki beberapa jenis beladiri, dan hampir semuanya di kenal di seluruh dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan