Kampung Cibuluh Sediakan Homestay

SOREANG – Dorong potensi pariwisata di Kampung Cibuluh, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalangen, Kabupaten Bandung, berdayakan rumah warga untuk tempat bermalam (Homestay).

Bupati Bandung H.Dadang M.Naser mengatakan, pihaknya dalam dalam waktu dekat akan meresmikan Kampung Cibuluh. Sebab, kampung ini memiliki potensi wisata alam yang sangat bagus.

Menurutnya, pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Permukiman Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) untuk permukiman di Cibuluh, bisa mendorong berkembangnya potensi wisata di Pangalengan, salah satunya penyediaan homestay untuk wisatawan.

“ Konsep andalan Kampung Cibuluh ini bisa berbentuk pariwisata kerakyatan. Sehingga selain mendorong masyarakat berperan aktif, dengan berdirinya homestay ini akan meningkatkan ekonomi lokal,” kata Dadang saat wawancara di ruang kerjanya, kemarin (19/4).

Dadang menjelaskan, pihaknya masih melakukan beberapa pengerjaan di Kampung Cibuluh, yakni Pekerjaan jalan Rabat beton sepanjang (jalan penghubung) 820 meter, jalan utama 1,320 meter, drainse lingkungan (Jalan penghubung) 830 meter, drainase lingkungan (jalan utama) 2,648 meter, perbaikan rutilahu 8 unit, pebanunan homestay (rumah singgah) sebanyak 5 unit, jembatan penghubung 7 meter dan penerangan jalan 15 unit.

“Udara disana sangat segar, karena kawasan asri dikelilingi pepohonan dan Situ Cileunca itu, memiliki suasana alam yang sayang untuk dilewatkan. Serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang penat, akan membuat kita betah, santai dan damai,” terangnya.

Dia menceritakan, wilayah Kampung Cibuluh ini dulunya adalah kawasan terpencil dan terisolasi dengan rumah yang tidak layak huni. Tetapi melalui program Penataan Lungkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) yang di inisiasi oleh Perkimtan, kawasan ini akan berubah menjadi permukiman yang layak huni dan sehat.

“Usaha Pemkab dengan masyarakat Cibuluh akhirnya membuahkan hasil. Permukiman yang tadinya kumuh, jalan sempit, bangunan tak teratur dan kotor, akan segera berubah dan bahkan sangat layak untuk mendongkrak potensi wisatanya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkimtan Erwin Rinaldi, menuturkan, jika kawasan Cibuluh ini menjadi salah satu wahana menginap untuk mendukung potensi wisata Pangalengan.

Dia mengatakan, PLPBK akan berkonsentrasi pada penanganan persoalan permukiman, melalui perencanaan pelaksanaan serta pengelolaan hasil-hasil pembangunan oleh masyarakat setempat dengan bimbingan dan pengawasan dari pemerintah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan