oleh

15 Tiang MCP Disegel

CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Keba­karan (Satpol PP dan Damkar) Kota Cimahi menyegel sebanyak 15 tiang Micro Cell Pole (MCP) tak be­rizin di Kota Cimahi. Selain disegel, MCP tak berizin tersebut dicabut konektornya agar tidak dapat berfungi dan dipa­sang Satpol PP line.

MCP sendiri merupakan peng­ganti menara macro atau BTS yang me­makai jaringan fre­kuensi udara, semen­tara MCP berbasis fiber optik atau jaringan bawah tanah sebagai penguat sinyal.

Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Aris Permono mengung­kapkan, penyegelan dilakukan ka­rena tiang MCP tersebut sudah me­langgar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2010 tentang Pena­taan Menara Telekomunikasi dan Perda Nomor 16 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Perizinan Peman­faatan Ruang. Dan diduga tidak mengan­tongi semua perizinan yang jadi syarat penerbitan atau pemasangan MCP.

”Ada sekitar 77 MCP yang diduga tidak mengantongi izin. Sudah dua hari ini kami segel. Totalnya hingga hari ini ada 15 yang kita segel, dicabut konektor (listrik), dan dipasang Satpol PP line,” katanya, saat ditemui di Komplek Per­kantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Rabu (4/4/2018).

Menurut Aris, ada beberapa perizinan yang harus ditempuh para pengusaha penyedia jaringan telekomunikasi untuk pemasangan MCP. ”Harus ada IMB, izin prinsip, izin kawasan kese­lamatan operasi penerbangan (KKOP) dari Danlanud, izin lingkungan dan perizinan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga