Kembangkan Potensi Wisata Desa

SOREANG – Di Kabupaten Bandung keberadaan desa hampir seluruhnya memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Sehingga, dengan program desa mandiri nantinya dapat termotivasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Kepala Bidang Hukum Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung Alo Sobirin mengatakan, hampir semua wilayah pemerintahan desa memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi obyek wisata lokal.

Dengan begitu, konsep pengembangan desa wisata sangat cocok bila dikembangkan. Terlebih, dari dukungan anggaran oleh pemerintah sudah cukup memadai melali dana desa.

”Kami sudah mengalami penjelajahan potensi alam yang dimiliki desa di kabupaten Bandung bahkan Jawa barat,” jelasnya saat ditemui Jabar Ekspres di ruangan kerjanya Kemarin, (4/4)

Kepala Desa Cilame Kecamatan Kutawaringi ini menjelaskan, pemerintah pusat, daerah propinsi dan kabupaten telah memberikan ruang lebih bagi desa agar bisa mengatur rumah tangga desa melalui pengelolaan desa mandiri,” katanya

Dia menilai, bila program ini berhasil dikembangkan, bukan tidak mungkin hasil ini kan memberikan dampak bagi pendapatan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat desa.

” Setiap desa bisa menggali potensi alam, karena hampir semua desa ada sungai, gunung, sawah, ada pantai semua itu bisa di jadikan destinasi wisata,” katanya.

Alo menambahkan, Potensi ini bisa dikembangkan bersama warga. Sehingga, akan memberikan manfaat dengan melihat potensi desa yang dimiliki. Bahkan, bagi Desa Cilame sendiri potensi sedang dibahas .

’’Kita nanti akan kembangkan potensi Wisata disini dengan dukungan bersama masyarakat,”pungkas Alo. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan