Satu RW Harus Miliki 1 Posyandu

LEMBANG – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat H. Dede Yusuf Macan Effendi, ST, M.Si kembali melaksanakan Kunjungan ke daerah pemilihan (Kundapil) diluar masa Reses dan diluar sidang ke daerah Lebak Cihideung RW 17, Desa Jaya Giri, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (24/3).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kelompok masyarakat, mulai dari warga, petani, maupun ibu-ibu. Pertemuan ini dimanfaatkan oleh warga untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada wakil rakyatnya tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD KBB Pither Tjuandys dari dapil lembang.

RUTIN TURUN: Anggota DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi secara rutin bertemu masyarakat.

Dede Yusuf mengungkapkan, kegiatan kunjungan kerja di luar masa reses dan di luar sidang DPR atau lebih dikenal Kundapil ini dilaksanakan untuk menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat terutama para konsituten di daerah pemilihannya.

“Ini sesuai dengan amanat UU nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MD3),” ungkap Dede ketika ditemui kemarin (25/3)

Dalam kegiatan tersebut, dia menjelaskan, masyarakat banyak menyampaikan keluhan terkait pelayanan kesehatan di lingkungan RW 17 Desa Jayagiri, khususnya masyarakat di RT 01 yang sampai saat ini belum memiliki Posyandu. Sehingga, kegiatan pelayanan kesehatan bagi balita seperti penimbangan dan lainnya masih dilaksanakan di masjid warga.

Menanggapi hal tersebut, Dede menyampaikan, bahwa Posyandu didirikan untuk kepentingan masyarakat sehingga pembentukan, penyelenggaraan dan pemanfaatannya memerlukan peran serta aktif masyarakat dalam bentuk partisipasi penimbangan balita setiap bulannya, sehingga dapat meningkatkan status gizi balita.

” Anak balita perlu dibawa ke posyandu untuk dipantau tumbuh kembang balita melalui berat badannya setiap bulan,’’kata dia.

Dede menambahkan, sarana bangunan atau gedung posyandu sangat penting untuk di miliki oleh setiap RW maupun RT untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan dan memebrikan arahan kepada masyarakat mengenai pertumbuhan dan gizi balita.

’’ Kami akan mendorong pemerintah daerah untuk segera membangun Posyandu, karena hal ini penting melaksanakan program promotive dan preventif kesehatan kepada masyarakat,’’ pungkas politisi Partai Demokrat ini (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan