Polder Pompa Air Tidak Berfungsi Maksimal

BALEENDAH – Warga Kampung Parung Halang RW 02 Kelurahan Andir Kabupaten Bandung menanyakan keberadaan

polder pompa air yang sudah di bangun sejak 2005 tidak berfungsi secara maksimal.

Ketua RW 02 Jujun Junaedi mengatakan, keberadaan pompa air tersebut seharusnya memiliki manfaat bagi orang banyak. Apalagi, pembangunan pompa air ini menggunakan uang negara.

’’ Pompa air ini sebetulnya untuk meminimalisir banjir yang terjadi di lingkungan sekitar. Tetapi keberadaannya tidak difungsikan secara maksimal,” jelas Jujun ketika ditemui kemarin (21/3)

Menurutnya, banyak warga yang mengeluh dan mempertanyakan fungsi pompa  air ini. Sebab, dalam pihak pengelola dinilai kurang berinteraksi dengan masyarakat dan selalu beralasan kurangnya pasokan bahan bakar.

Lebih lanjut, dia menjelaskan apa yang menjadi tungtutan warga parung halang diantaranya polder pompa air berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya dan sesuai SOP. Sehingga masyarakat akan merasakan adanya pompa air tersebut.

Selain itu, pihaknya mengharapkan pihak pengelola bisa berkomunikasi dengan baik bersama warga agar tidak ada mis komunikasi.

“Kami optimis kalau terjalin komunikasi baik antara pengelola dengan warga, keberadaan polder ini bisa menghidupkan wilayah mati dengan memperdayaakan masyarakat untuk menjadikan wahana wisata ketika kondisi tidak banjir,” imbuhnya

Menanggapi keluhan masyarakat Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan, terjun langsung ke lokasi sekaligus menampung keluhan masyarakat. Menurutnya, pembangunan polder pompa air tersebut salah satu upaya mempercepat genangan air ketika wilayah tersebut dilanda banjir.

Atas dasar keluhan warga yang disampaikan kepada pemerintah dia bersama BBWS Citarum, Camat Baleendah, Perangkat Kelurahan Andir bersama warga sekitar melakukan pengecekan ke lokasi. Sehingga, diketahui apa yang menjadi kendala.

“Apa yang menjadi keluhan warga sudah kami sampaikan kepada pihak BBWS dan pengelola, karena ada keinginan masyarakat sekitar untuk dilibatkan dalam pengelolaan dan bersama sama menjaga kondisi disekitar polder,” katanya

Dirinya mengapresiasi dan juga sudah menyampaikan kepada pihak pengelola terkait usulan warga sekitar polder, agar lokasi tersebut bisa dijadikan lokasi wisata air agar masyarakat berkumpul dan bermain.

Gun Gun meminta kepada pihak BBWS dan pengelola polder pompa air untuk melakukan evaluasi dan melakukan pemeliharaa sesuai SOP dan bisa melibatkan masyarakat dalam menjaga lokasi sehingga pompa air akan berjalan sesuai fungsinya.

Tinggalkan Balasan