oleh

Asuransi Lindungi Petani Dari Bencana

SOREANG – Akibat dari bencana banjir di Kabupaten Bandung sebanyak 678 hektar sawah mengalami gagal berproduksi. Hal ini terjadi karena kondisi sawah tergenang banjir.

Kepala Dinas Pertanian Tisna Umaran menyebutkan, luas tanaman sawah yang ada di Kabupaten Bandung yakni 3,563 di 12 Kecamatan dan 24 Desa.

Untuk membantu para petani, Pemkab Bandung tengah menyiapkan 6.25 ton benih padi, yang nantinya akan diberikan pada petani yang sawahnya terdampak banjir.

Baca Juga:  Barcelona Jawara Copa del Rey 2021, Messi Torehkan Rekor

“ Lahan terluas sawah tergenang banjir di Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang. Untuk mengurangi kerugian para petani itu, kita siapkan 6.250 kilogram (Kg) benih padi untuk ditanam kembali,’’jelas Tisna ketika ditemui kemarin (21/3)

Selain itu, Kecamatan Ibun, Kec. Cileunyi, Pameungpeuk,, Cikancung, Cangkuang, Banjaran, Rancaekek dan Margaasih

Dengan rata-rata genangan terjadi  selama 7 hari. Namun, tidak sampai merusak tanaman, karena tanamannya sudah cukup tinggi berumur sekitar 20 hari,30 hari sampai ke 70 hari, tanaman- tanaman tersebut masih bisa bertahan.

Baca Juga:  Bangkitkan UMKM Pilihan MGDALENAF Bersama Teh Pucuk Harum

Selain itu, dampak keseluruhan terhadap hasil panen tidak begitu berpengaruh terhadap produksi padi di Kabupaten Bandung. Sebab, kerugian puso sampai ke berkurangnya produksi relatif sedikit.

’’ yitukan yang paling parah hanya 3 hektar di Kecamatan Ibun dan Soreang,” ungkapnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga