Daerah Terpencil Sekalipun, BPJS Ada

BERKELILING Indonesia, itulah yang sedang dilakukan Junaedi Arief. Selama melakukan perjalanan ke berbagai daerah mengendarai sepeda motornya. Junaedi, begitu sapaannya, banyak mendapatkan pengalaman baru dan cerita yang beragam. Terkadang dia juga mendapatkan tantangan di daerah tertentu. Meski demikian dia, sudah berkomitmen untuk melanjutkan misinya, walau harus meninggalkan anak dan istri dirumah.

”Selama nyamperin daerah-daerah yang berbeda. Saya banyak mendengar opini masyarakat. Salah satu isu yang tidak habisnya yaitu tentang kesehatan. Kesehatan sudah menjadi kebutuhan dasar setiap orang,” tutur Junaedi saat menyambangi Kantor BPJS Kesehatan KC Bandung.

Dikatakan dia, dirinya sudah pernah berkunjung ke Kalimantan, Maluku bahkan Irian Jaya. “Ternyata BPJS Kesehatan ada di mana-mana. Bahkan daerah terpencil sekalipun, BPJS dan program JKN sudah menyentuh kalangan bawah,” cerita Junaedi sambil menunjukkan Buku Harian sebagai bukti kunjungannya ke beberapa kantor Pemerintah Daerah di Wilayah Indonesia.

Dia menuturkan, selama mendatangi daerah satu ke daerah lainnya, pertama kali akan mengunjungi kantor Lurah, Kepala Desa, atau minimal Katua Warga setempat. Bahkan dia biasa bermalam di rumah pejabat-pejabat desa tersebut. Tak hanya bermalam, Junaedi juga mendengar sharing dan opini warga.

”Banyak hal dan cerita baru yang saya dapatkan, tapi satu yang terpenting bahwa JKN ini adalah Program yang sangat besar. Melalui JKN juga adalah bukti Pemerintah juga peduli kepada masyarakat, khususnya kalangan bawah dan tak tersentuh sekalipun,” tuturnya.

Sebagai masyarakat yang juga sudah mengetahui Program JKN, Junaedi juga sudah terdaftar sebagai peserta. Dia selalu membawa Kartu KIS-nya selama mengelilingi Indonesia. ”Ini kartu KIS saya, selalu dibawa. Kita tidak tahu kapan kita sakit,” tutupnya. (*/rls/adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan