Bandung Clean Action, Dari Lingkungan Untuk Kehidupan

BANDUNG — Saat ini, udah nggak asing lagi banyak masyarakat yang giat untuk bebersih untuk lingkungan di sekitar Kota Bandung. So, nggak perlu kaget lagi kalo misalnya yang bebersih disana itu bukan petugas dari PD Kebersihan, melainkan orang-orang dari berbagai komunitas yang tergabung dalam suatu paguyuban.

Yap, salah satunya adalah Komunitas Bandung Clean Action. Komunitas ini dibentuk dengan cara menggabungkan 79 komunitas pecinta Kota Bandung. Tak hanya komunitas yang tergabung, ada juga para pemangku kepentingan dan suprastruktur kewilayahan untuk mewujudkan cita-cita Kota Bandung yang nyaman dan bersih. Loveable pokonya mah. Dengan berlandaskan visi menjadikan nyata impian indah tentang kota Bandung yang rapi dan bersih, tertib sampah, dengan bergerak bersama, dengan cinta dan kegembiraan.

Bandung Clean Action adalah sebuah program inisiatif dari representasi masyarakat lintas profesi dengan kolaborasi melalui strategic campaign dan social engineering. Dengan tujuan mendorong aksi-aksi bersama yang menyenangkan dengan upaya berkelanjutan mengurangi sampah dari sumbernya. Program ini merupakan implementasi dari “Gerakan Cinta Bandung Bersih dan Hijau” Pemerintah Kota Bandung yang ditandatangani seluruh pemangku kepentingan kota tahun 2013 dan diperkuat dengan Deklarasi “Indonesia Bersih 2020” yang ditandatangani Presiden RI bersama para Kepala Daerah pada 2014.

Bandung Clean Action pun telah melahirkan Miss Clean Action, yakni para wanita berparas menarik dan cerdas asal Kota Kembang. Miss Clean Action tak hanya sebagai ikon di komunitas ini, namun justru Miss Clean Action pun turut turun tangan menjaga kebersihan. Dimana mereka bertugas menindak pelanggar-pelanggar yang sulit diingatkan, karena Miss Clean Action ini terdiri dari wanita-wanita cantik yang ramah. Sehingga tak jarang para pelanggar itu merasa malu dan akhirnya jera dengan perbuatannya.

Komunitas yang dibentuk tanggal 21 Febuari 2014 ini, tidak sendirian dalam menyuarakan pentingnya kebersihan, komunitas lain yang juga memiliki satu visi dengan Bandung Clean Action agar Indonesia bebas sampah 2020.
Komunitas yang bergabung diantaranya komunitas Hilo Green, At Hour, Galur Bandung, Bara Clean Action, Kazuo Clean Action, dan komunitas Pecinta Kereta Api.

Tinggalkan Balasan