KPU Belakukan Zona Kampanye

NGAMPRAH – Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat memberlakukan tiga zona masa kampanye tertutup untuk setiap calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat.

Ketua Divisi Teknis KPU KBB Adi Saputra mengatakan, untuk zona 1 terdiri dari Kecamatan Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah dan Padalarang.

Sedangkan zona 2, Kecamatan Cihampelas, Batujajar, Saguling, Cipatat, Cipeundeuy dan Cikalongwetan. Untuk zona 3 terdiri dari Kecamatan Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Gununghalu dan Rongga.

’’ Untuk teknis pelaksanaan kampanye tertutup ini, bergiliran dan masing-masing paslon diberikan jadwal seminggu dalam satu zona,” kata Ketua Divisi Teknis KPU KBB Adi Saputra, di Padalarang, kemarin.

Pelaksanaan kampanye dengan sistem dibagi zona tersebut, untuk menghindari terjadinya bentrokan diantara tim paslon. Justru paslon diberikan kemudahan dengan sistem seperti itu, biar waktu kampanye tertutup mereka lebih efektif dan efisien.

Adi menyebutkan, untuk paslon nomor urut 1 Elin S Abubakar-Maman Sunjaya (Emas) dalam seminggu pertama dipersilahkan kampanye di zona 1. Untuk paslon nomor urut 2 Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati (Kado) di zona 2. Terakhir, paslon Aa Umbara Sutisna- Hengky Kurniawan (Akur) di zona 3. “Seminggu pertama kita berikan waktu mulai tanggal 19 Februari 2018, sampai tanggal 25 Februari. Kemudian tanggal 26 dan berikutnya mereka bergiliran ke zona lainnya. Seterusnya begitu sampai pelaksanaam kampanye terbuka,” terangnya.

Untuk kampanye terbuka, telah ditetapkan 10-23 Juni. Namun untuk pembagian zonanya masih dirancang KPU KBB. Kata Adi, pada masa kampanye terbuka ini paslon diperkenankan mengerahkan massa.

Sementara untuk kampanye tertutup KPU minta agar paslon tidak mengerahkan massa secara berlebihan.

Pelaksanaannya juga diminta di ruang tertutup atau bisa saja secara bergerilya namun tidak melewati batas zona. Terkait waktu kampanye tertutup ini, kata Adi, diminta pada hari kerja. Terkecuali mereka telah mengantongi izin dari pihak kepolisian. “Memang kampanye tertutup ini dilakukan oleh masing-masing paslon dan waktunya bebas. Hanya saja kami menyarankan pada waktu kerja,” pungkasnya. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan