Empat Rumah Disulap Layak Huni

BANDUNG – Rumah Emuh dan tiga orang lainnya di jalan Babakan Irigasi, Kelurahan Babakan Tarogong Kecamatan Bojongloa Kaler. Kini rumah mereka sudah layak huni, itu setelah mereka mendapat bantuan dari program rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Emuh saat ini tinggal di RT 06 RW 07 dengan luas tanah sekitar 30 meter persegi. Ru­mah Eep Saepuloh di RT 04 RW 06 dengan luas sekitar 25 meter persegi. Sedangkan dua rumah lainnya yaitu milik Ade Wahyu di RT 02 RW 01 dan rumah ibu Oom Rohman di RT 03 RW 03.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto men­gatakan, bantuan perbaikan Rutilahu di Kota Bandung akan terus diupayakan. Meski hal itu akan dilakukan secara ber­tahap dan tidak bisa sekaligus.

”Kita lakukan satu per­satu dan upayakan hingga seluruh warga yang ada di Kota Bandung mendapat rumah layak huni,” kata Yossi usai peresmian per­baikan Rutilahu tersebut ditandai dengan acara peng­guntingan pita.

Ditambahkan Yossi, perbai­kan Rutilahu merupakan bantuan berkelanjutan. Di kota Bandung, untuk rumah dengan kerusakan ringan di­berikan bantuan sebesar Rp 5 juta. Sedangkan rumah dengan kerusakan sedang sebesar Rp 10 juta. Terakhir untuk rumah dengan kerusa­kan berat sebesar Rp 15 juta.

Aparat kewilayahan terma­suk pengurus RT dan RW diharapkan bisa mensosiali­sasikan hal tersebut. Terma­suk mengidentifikasi dan mengklarifikasi para calon penerima bantuan. ”Meng­ingat program bantuan ini stimulasi, maka kewajiban pengurus RT RW bersama kelembagaan untuk meng­galang Dana swadaya agar perbaikan rumah lebih opti­mal,” harapnya.

”Mudah mudahan selain menjadi sarana meningkat­kan solidaritas sosial juga menguatkan komitmen Ba­dan Keswadayaan Masyara­kat (BKM) lebih berperan dalam pembangunan,” kata Yossi. (pan/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan