Benda Mirip Mortir Ditemukan di Lembang

LEMBANG – Salah seorang warga Kampung. Pagersari RT. 02/08 Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB) dikejutkan dengan penemuan sebuah benda yang diduga sebuah Mortir.

Maman, 58, salah satu warga setempat mengaku kaget dengan benda yang berbentuk tabung tersebut. Dia, menemukan benda itu ketika melakukan penggalian pondasi benteng milik PT. Lawangwangi.

Namun, tanpa sengaja cangkulnya berbenturan dengan benda keras yang dia sangka adalah sebuah batu. Tetapi setelah diangkat adalah besi yang berbentuk seperti tabung.

Merasa penasaran dia mencuci benda tersebut pada aliran sungai dekat galian. Sehingga, terlihat jelas bahwa benda tersebut berbentuk kapsul seperti mortir.

’’Awalnya saya kira besi tua biasa, setelah dicuci baru kelihatan bentuk mortir berkarat,’’kata Maman ketika ditemui kemarin (6/2)

Merasa khawatir takut meledak Maman kemudian melaporkan penemuan mortir tersebut kepada Bhabinkamtibmas setempat dan dilanjutkan dengan dilakukan pengamanan.

“Takut masih aktif saya amankan dan warga disuruh menjauh,”katanya.

Bhabinkamtibmas Desa. Pagerwangi Briptu M. Ridwansyah membenarkan adanya penemuan mortir yang diduga sisa perang dunia kedua ini.

Pihaknya segera melaporkan kejadian ini dan mendatangkan unit Jibom Polda Jabar.

’’ Saat ini sudah diamankan dan untuk sementara lokasi galian dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kalau ada benda lainnya,”tutup ridwansyah (bbs/yan)

Tinggalkan Balasan