Jaga Mutu Pelayanan, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Lakukan WTA ke FKRTL

CIMAHI – Kepuasan peserta dalam program JKN menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan. Dan merupakan salah satu Wildly Important Goals (WIG’s) BPJS Kesehatan dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC). Untuk itu, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi mengadakan Walk Through Audit (WTA) yang dipergunakan sebagai salah satu alat ukur dalam melakukan monitoring dan evaluasi kepuasan peserta atas pelayanan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL/Rumah Sakit). RS Mitra Kasih Cimahi adalah salah satu RS yang mendapat jadwal WTA yang dilakukan oleh duta BPJS Kesehatan Cabang Cimahi pada Jumat (02/02).

“Nantinya petugas pelaksana WTA ini akan membagikan formulir kuesioner untuk diisi oleh peserta yang berkunjung ke RS tersebut,” kata Kabid Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Devi Afni.

Devi menambahkan, FKRTL yang akan dikunjungi oleh petugas pelaksana WTA berjumlah 12 RS yang tersebar di 2 kabupaten/kota wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cimahi yaitu Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

“Hasil dari pengisian formulir quesioner tersebut akan direkapitulasi sehingga dapat diketahui hasil Kepuasan Peserta yang menerima pelayanan kesehatan di FKRTL dengan tujuan untuk bahan evaluasi bagi FKRTL dalam meningkatkan kualitas layanan,” ucapnya.

Dengan adanya WTA tersebut maka kita akan mengetahui apa saja yang menjadi kendala fasilitas kesehatan atau apa saja yang di rasakan oleh peserta saat berobat. Hasil WTA tersebut akan menjadi bahan sebagai umpan balik BPJS Kesehatan kepada fasilitas kesehatan agar memperbaiki tingkat pelayanan seperti ditambahkan salah staf verifikator BPJS Kesehatan Cabang Cimahi yang melakukan WTA, Deti Ismawati.

Mendengar langsung kesan pesan serta keluhan peserta JKN-KIS pasti akan menimbulkan efek yang berbeda terhadap duta BPJS Kesehatan. Dengan adanya hal seperti itu dapat meningkatkan produktivitas kinerja serta meningkatkan pelayanan baik dari internal maupun FKRTL mitra BPJS Kesehatan. (dh)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan