Jembatan Pabuaran Tahun Ini Dibangun

NGAMPRAH – Jembatan Pabuaran yang menghubungkan Kampung Pabuaran dan Bonceret, Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rencanannya akan segera di bangun pada tahun ini.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang KBB Muhammad Ridwan mengatakan, pembangunan jembatan tersebut telah di anggarankan sebesar Rp 1,8 miliar.

Selain itu, Detail Engineering Design (DED sudah selesai dikerjakan dengan perombakan secara total agar kuat dan tahan lama. Sehingga, nantinya akan segera dilaksanakan proses lelang.

’’ DED nya sudah beres tinggal masuk proses lelang dan awal tahun ini kemungkinan sudah dikerjakan,”jelas Rdwan ektika ditemui kemarin (31/1)

Dia menuturkan, jembatan dibangun nantinya memiliki panjang 24 meter dan lebar 3 meter. Bahkan, bila sudah selesai nanti, jembatan bisa dilintasi kendaraan roda empat.

Dirinya mengakui, pembangunan jembatan sebetulnya sudah lama dinantikan warga. Namun, karena proses penganggaran oleh pemerintah harus membutuhkan proses.

Ridwan menambahkan, jembatan itu memiliki arti penting sebagai sarana penunjang aktivitas warga. Bahkan, sejak jembatan rusak, akses jalan terutama untuk kendaraan roda empat harus memutar lebih jauh ke Desa Mukapayung ataupun Desa Cikadu.

’’Jadi kami sangat paham dengan keinginan warga yang meminta cepat diperbaiki, tapi prpses pengamggaran ini yang membuat lama,”kata dia.

Selain itu, pembangunan jembatan tersebut juga mempertimbangkan waktu pengerjaan dan kondisi cuaca. Hal itu dibutuhkan agar pembangunan jembatan berjalan optimal dan tidak terganggu kendala teknis.

Seperti diketahui, Jembatan Pabuaran ambles diterjang banjir bandang pada 20 April 2016. Banjir itu akibat meluapnya Sungai Ciminyak yang dipicu oleh hujan deras selama 2 jam di wilayah Cililin, Sindangkerta, dan sekitarnya. Setelah robohnya jembatan, pemerintah daerah dibantu swadaya warga membangun jembatan darurat dari bambu.

Selain Jembatan Pabuaran, Ridwan menambahkan, tahun ini juga akan dibangun beberapa jembatan lainnya. Seperti Jembatan Ciawitali dan Tenjolaut di Cikalongwetan serta Jembatan Pasircalung di Kecamatan Cisarua.

’’Kami ingin ke depan seluruh jembatan sudah diperbaiki seluruhnya,’’ kata dia. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan