GT 1 Pasteur Mulai Digunakan

BANDUNG – Setelah sempat tertunda selama seminggu PT Jasa Marga Cabang Purbaleu­nyi akhirnya meresmikan relokasi Gerbang Tol Pasteur I di Simpang Susun Baros, Kota Cimahi, kemarin (30/1).

General Manager PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Reza Febriano mengung­kapkan, sebelumnya ren­cana peresmian gerbang tol entrance itu akan dilaksana­kan pada Selasa (23/1). Namun, karena ada peng­erjaan yang belum selesai, maka PT.Jasa Marga memi­lih untuk memundurkan waktu dari pada memaksa­kan peresmian tepat waktu.

”Kendala yang terjadi ka­rena pengerjaan pengerasan jalan yang belum selesai. Pengerjaan jalan itu fatal, dan harus selesai tanpa menyisa­kan pekerjaan. Jadi kami me­milih untuk menunda peres-mian, daripada setelah resmi digunakan.

Justru harus ditutup karena ada kerusakan atau menyebab­kan kecelakaan,” ujar Reza dise­la-sela kegiatan peresmian Ger­bang Tol Pasteur, kemarin (30/1).

Reza mengatakan, pembu­kaan gerbang tol tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan di persimpangan lampu merah Pasteur, Kota Bandung, dengan merelo­kasi Gerbang Tol Pasteur Ex­isting lebih ke dalam sejauh 3,75 kilometer, diharapkan bisa mengurai kemacetan yang ekornya kadang berada di Jalan Surya Soemantri.

”Karena jarak dengan lampu merah dan persimpangannya terlalu dekat, akhirnya setiap hari menyebabkan kemacetan parah. Setelah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak kepolisian, jalan keluarnya adalah merelokasi gerbang tol yang sekarang le­bih ke dalam,” katanya.

Untuk teknisnya, lanjut Reza, kendaraan yang datang dari Bandung dan akan menuju ke Padalarang, Purwakarta, dan Jakarta, tidak perlu melakukan tapping di Gerbang Tol Pasteur seperti biasanya. Dan seba­liknya, kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung dari arah Padalarang, Purwakarta, maupun Jakarta, melakukan tapping di Gerbang Tol Pasteur I Simpang Susun Baros.

”Jadi yang dari arah Bandung keJakarta itu tappingnya di ger­bang tol yang baru, tidak di gerbangtol yang sekarang. Nanti portalnya akan dibuka,” ungkap­nya. Sementara itu, kendaraan yang akan menggunakan ruas TolPurbaleunyi menuju ke Cimahi, menurut Reza, pengendara hanya melakukan satu kali tap­ping di Gerbang Tol Baros 2.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan