KPK Adalah Mitra DPR, Kami Akan Sinergi

Niat baik itu maksudnya seperti apa pak?

Kami sebagai mitra, hanya ingin KPK bekerja dengan profesional dan maksimal. Saya mengatakan seperti ini, dikarenakan ada beberapa contoh kasus yang kami anggap lembaga tersebut masih memiliki sejumlah catatan evaluasi. Contohnya, dalam penetapan tersangka.

Kami sadar bahwa KPK tidak memiliki hak untuk mengeluarkan SP3. Namun tentunya, jangan hal tersebut membuat proses kasus menjadi tidak jelas arahnya, dan membuat tersangka ditahan lebih dari satu tahun. Jadi, kalau sudah lebih serahkan kepada pengadilan untuk ditetapkan bilamana belum kuat ya harusnya memiliki dasar bukan ditahan tanpa arah dan ujung yang belum dapat diketahui kemana.

Kemudian bagaimana menyatukan pendapat antar Fraksi di DPR?

Ya, itu, minggu ini saya akan memanggil seluruh Pimpinan Fraksi-Fraksi. Kita akan ngobrol-ngobrol, agar menemukan solusi. Bagaimana sih agar DPR itu solid dan tidak terpecah. Saya yakin, kalau DPR solid, lembaga lain pasti segan dengan kita.

Lalu, sering kali pembahasan RUU ini terkendala, atau tidak sejalan dengan pemerintah dalam hal ini Presiden, untuk mengesahkan menjadi UU. Bagaimana solusinya?

Ya, itu masalahnya. Tapi, nanti kami akan meyakinkan Pak Presiden, agar mau mengesahkan bersama DPR. Terutama RUU yang sudah menjadi prioritas. Ini demi meningkatkan kepercayaan publik juga.

Saya tidak mau masyarakat atau kalangan publik menilai bahwa DPR mempersulit pemerintah, terlebih dalam menyusun undang-undang. Hal ini saya sampaikan, karena kasus di lapangan. Banyak kasus pembahasan pembentukan undang-undang yang tidak dihadiri pemerintah, padahal ini begitu penting.

Ke depan, kami DPR akan menyampaikan kepada publik, bilamana ada pembahasan rancangan undang-undang yang tidak dihadiri pemerintah. Kami akan sampaikan. Biar terbuka dan jelas.

Sudah kebayang belum, Pak? Enam bulan ke depan bekerja sebagai Ketua DPR?

Waduh, saya sih tidak memikirkan ke sana ya. Yang penting, saya kerja ya kerja saja. Mengalir apa adanya. Jangan menjadi satu beban hidup. Karena toh kita bekerja sampai jenjang ini untuk siapa? Pastikan untuk keluarga.

Kok sejak dilantik jadi ketua DPR, tidak terlihat menggunakan fasilitas negara?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan