Pilihan Hidup-Mati saat Tersengat Lebah di Ketinggian 80 Meter

Dia mengatakan, pengerjaan jembatan tersebut memang cukup sulit. Sebab, yang utama dalam pembangunan jembatan tersebut adalah tidak boleh menebang pohon. ”Dengan kata lain, pekerja harus naik-turun pohon buat melintaskan tambang,” sambungnya.

Di sela-sela pemaparan Ule soal pembangunan jembatan, dia juga berkisah tentang pengalamannya ketika mulai membangun. Musuh utama bukan angina atau hujan. Tapi lebah. Dia mengaku, dia dan tiga rekannya disengat sekawanan tawon di tengah-tengah jembatan.

Bukan main terkejutnya Ule. Sebab, dia dalam kondisi terjepit antara harus menghindar atau mati jatuh dari ketinggian. Meski demikian, dia tak serta-merta panik. Sebab, dia ingat dia sedang berada di ketinggian 80 meter. ”Ya saya suruh lari satu per satu, saya yang paling belakang,” jelasnya.

”Saya juga tak tahu itu tawon datangnya dari mana. Namanya juga di hutan. Awalnya datang satu, terus dua tawon, lama-lama datang sekawanan tawon. Ketika sampai di tepi jembatan, sudah benjol-benjol,” sambungnya.

Dia berharap, ke depan hal-hal yang berkaitan dengan ancaman pada keselamatan tersebut bisa terkendali. Dengan begitu, masyarakat yang melintas bisa tetap aman.

Sementara itu, untuk mengakses ke jembatan ini memang tak sulit. Pengunjung hanya cukup berjalan 500 meter dari pintu gerbang kawasan wisata Situ Gunung. Sayangnya, dari titik awal, pengunjung harus rela menyusuri jalan berlumpur. Jalurnya, masih sama dengan jalur menuju Wisata Curug (air terjun) Sawer dan Danau Situ Gunung.

Melihat kondisi jalan yang terjal itu, Ule dan pengelola jembatan bahkan ingin membuat akses yang lebih baik lagi.  Bahkan rencananya, akan dibuat akses khusus, seperti jalan, wisata kuliner, maupun fasilitas lainnya yang lebih layak.

Sementara itu, Kepala Pengelola Situ Gunung Suspension Bride Dede Ashad kepada Jabar Ekspres mengungkapkan, teknologi yang ditanamkan pada jembatan tersebut juga tak sembarangan. Kabel sling yang digunakan, juga sengaja didatangkan dari Jerman.

”Dari empat bulan pengerjaan, untuk mendatangkan kabel sling memakan waktu dua bulan,” urainya.

Dia mengatakan, sudah melakukan ujicoba jembatan tersebut. Di bagian bawah dipasang lima sling, di bagian atas dua sling penahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan