Ujian Sekolah Zaman Now

jabarekspres.com – DENGAN semakin pesatnya kemajuan teknologi saat ini, segala bentuk aktifitas manusia dapat terselesaikan dengan cepat dan akurat. Teknologi yang berkembang saat ini telah mengubah mindset setiap manusia yang menghuni bumi ini. Teknologi sudah mulai merambah tidak hanya di area public (umum), namun sudah masuk ke ruang-ruang private(pribadi). Perkembangan dan kemajuan yang pesat tersebut, seringkali berdampak positif atau negatif.

Parahnya, teknologi seringkali menjadi kambing hitam atas kejadian-kejadian yang bersifat merugikan atau negatif, sebagai contoh bobroknya akhlak dari generasi muda Indonesia itu adalah dampak dari perkembangan teknologi saat ini. Dampak inilah yang sering membuat orang-orang begitu underestimate pada perkembangan teknologi saat ini.

Padahal, sebenarnya dampak positif yang dirasakan dari kecanggihan teknologi ini justru lebih banyak dibandingkan dengan dampak negatif yang timbul. Terkadang, nilai positif itu hanya dipandang sebelah mata, hampir kebanyak orang hanya akan menghindar dan menjauh dari teknologi tersebut. Sejatinya teknologi dapat di gunakan untuk aktifitas yang positif dan mampu membantu segala macam bentuk pekerjaan manusia. Dengan memanfaatkan teknologi yang baik dan benar itulah, maka nilai psotif dari teknologi dapat di dapatkan.

Bidang yang betul-betul merasakan dampak positif dari teknologi saat ini adalah dunia pendidikan. Saat ini dunia pendidikan begitu perhatian dan juga sedang gencar memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam melaksanakan segala macam aktifitasnya. Di awali dari kemunculan teknologi komputer dan internet yang masal dan masif, dunia pendidikan terus menerus mengembangkan diri sebagai satu bidang yang ikut larut dalam menghegemoninya kemajuan teknologi saat ini, terutama teknologi komputer dan internet.

Salah satu hal yang sangat di rasakan betul perubahan dalam dunia pendidikan adalah adanya semangat untuk mengurangi penggunaan kertas dalam aktifitasnya. Di mulai dengan melakukan ujian secara online, sekolah-sekolah sudah meninggalkan kertas-kertas sebagai sarana untuk melaksanakan ujian-ujian. Istilah lain mengatakan dunia pendidikan saat ini tengah menuju kepada aktifitas tanpa kertas atau paperless.

Ujian-ujian sekolah saat ini dilaksanakan dalam mode daring, yaitu sebuah mode dimana siswa melakukan ujian berbasis komputer dan gadget. Para siswa ujian dengan melihat layar komputer atau gadget. Siswa membaca, kemudian memilih jawaban yang tepat dari soal yang diberikan hanya dengan melakukan klik saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan