Ujian Sekolah Zaman Now

Ujian-ujian berbasis daring mempunyai banyak keunggulan salah satunya adalah kecepatan dalam mengetahui hasil ujian. Guru ataupun pihak sekolah akan dengan cepat memperoleh hasil ujian melalui mode daring ini. Tidak hanya itu, sistem ujian yang dibuat dan di siapkan akan mampu untuk melakukan analisis terhadap hasil ujian yang telah dilakukan. Sistem mampu memberikan informasi tentang kualitas soal yang dibuat, grafik pencapaian prestasi siswa, rata-rata perolehan nilai dan lain sebagainya. Sehingga dengan menggunakan ujian berbasis komputer ini, sekolah ataupun dinas pendidikan dengan cepat memperoleh hasil ujian.

Dengan ujian tanpa kertas ini secara hitungan keuntungan akan lebih besar. Hanya dengan sekali pembiayaan pengadaan dan perawatan sekolah sudah dapat merampingkan anggaran. Dan tentu saja dengan penggunaan teknologi komputer maka tidak akan limbah kertas yang terbuang. Sehingga, secara otomatis sudah menjaga lingkungan dari limbah sampah.

Di samping keuntungan yang menggunung tersebut, teknologi juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kebergantungan akan energi listrik. Tanpa adanya listrik maka teknologi tidak dapat di gunakan. Namun, hal ini dapat di atasi dengan menggunakan perangkat-perangkat yang hemat energi. Saat ini telah banyak perangkat yang mengusung hemat energi di dalam teknologinya, baik dari awal pembuatan maupun dari sisi saat pemakaian.

Selain kendala energi, dalam ujian berbasis teknologi komputer juga akan membuka ruang kecurangan dalam mengerjakan seperti di saat ujian yang langsung terkoneksi internet, maka akan dengan sangat mudah mencari data dan bahan dari internet. Untuk mengatasi hal demikian keamanan data harus dimaksimalkan agar data ujian-ujian dapat terproteksi dengan sempurna.

Dengan ujian berbasis teknologi ini, sekolah mampu mengurangi penggunaan kertas dalam prosesnya yang hanya akan menjadi sampah di kemudian hari. Sehingga dengan menggunakan ujian berbasis teknologi komputer maka dana yang biasa digunakan untuk pembelian kertas bisa di alih alokasikan ke pengadaan alat-alat teknologi berbasis komputer.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan