Klaim Salurkan Buku Rp 30 M

NGAMPRAH – Sepanjang 2017, Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengklaim sudah mengalokasikan dana anggaran Rp 30 miliar untuk pengadaan buku di SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan KBB Imam Santoso melalui Kasi Kurikulum SMP Dadang Saparadan mengatakan, pengadaan buku non pelajaran tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya para pelajar.

“Kalau nilai anggarannya mencapai Rp30 miliar untuk tahun ini. Buku-buku yang disalurkan ini bukan buku pelajaran, tetapi buku-buku bacaan yang menunjang pembelajaran siswa,” ujar Dadang di sela Deklarasi Gerakan Literasi kemarin (13/12).

Dadang menambahkan, pengadaan buku-buku tersebut selaras dengan program West Java Leader’s Reading Challenge yang digagas Pemprov Jabar sejak 2012.

Program itu mengharuskan siswa membaca sejumlah buku dalam waktu tertentu yang bertujuan untuk menigkatkan minat baca para siswa.

Dirinya menilai, secara nasional, minat baca masyarakat Indonesia saat ini masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

“Saat ini Indonesia menempati peringkat ke-60 dari 62 negara dalam hal minat baca dilihat secara global. Tentu untuk meningkatkan minat baca ini, diperlukan gerakan bersama,” katanya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *