oleh

Indonesia Terus Dorong Kemerdekaan Palestina

jabarekspres.com, AMMAN – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Jordania Ayman Safadi di kantor Kemlu Jordania di Amman kemarin (11/12). Pertemuan tersebut merupakan rangkaian perjuangan diplomasi Indonesia untuk Palestina.

Melalui keterangan resmi, Retno menjelaskan, dirinya dan Safadi melakukan koordinasi terkait langkah diplomasi untuk memperjuangkan status Jerusalem dan kemerdekaan Palestina.

”Pernyataan unilateral Amerika Serikat mengenai status Jerusalem tidak akan mengubah komitmen kuat diplomasi Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” tutur diplomat 55 tahun itu.

Retno menambahkan, Jordania merupakan tokoh penting bagi Palestina. Raja Jordania adalah pelayan situs suci di Yerusalem, yang memiliki peran pelindung terhadap situs suci Yerusalem; mewakili kepentingan situs suci Yerusalem di dunia internasional; dan mengatur badan Wakaf di Yerusalem.

”Raja Jordania punya posisi khusus. Oleh karena itu, semua yang menyangkut Jerusalem itu biasanya Raja Jordania selalu diajak bicara. Karena itu juga, saya berangkat dan bertemu dengan Menlu Jordania,” ungkap dia.

Kepada Safadi, Retno menyampaikan bahwa masyarakat internasional harus terus berpegang kepada keputusan ’status quo’ yang telah ditetapkan PBB mengenai status Jerusalem saat ini. ”Kita semua memiliki tanggung jawab moral untuk menghentikan ketidakadilan yang dihadapi rakyat Palestina,” tutur Retno.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.