oleh

Pasar Hewan Ditargetkan Dibangun 2018

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat menargetkan pembangunan Pasar Hewan milik pemerintah dapat terwujud di tahun 2018. Lokasi sudah dipilih di Kecamatan Padalarang dengan luas area tanah yang dibutuhkan mencapai 3 hektare.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Perikanan dan Peternakan KBB Wiwin Aprianti mengatakan, untuk rencana pembangunan sudah dibuat Feasibility Studi (FS) atau studi kelayakan.

“Fs nya sudah beres dan daerah Padalarang dengan menggunakan lahan seluas 3 hektare. Tapi, kalau untuk pembangunannya nanti dari pemerintah pusat,” kata Wiwin kemarin (3/11).

Baca Juga:  Panduan Lengkap Doa untuk Bayar Zakat

Dirinya mengatakan, dengan adanya Pasar Hewan mampu menampung hingga ribuan hewan domba dan ratusan sapi yang di pusatkan di satu titik. Sehingga kesehatan hewan akan lebih terpantau sebelum dipasarkan atau diperjualbelikan.

Selain itu, pasar hewan bisa menampung 500 sapi dan 10 ribu domba. Sehingga, harapannya keberadaan pasar hewan ini bisa meningkatkan nilai ekonomis bagi para peternak-peternak KBB.

Diakuinya, Pasar Hewan dibutuhkan lantaran potensi jual beli hewan sapi dan domba di Kabupaten Bandung Barat sangat besar. Seperti sapi dari Padalarang mampu di pasarkan hingga ke Tangerang, Banten dan Jakarta.

Baca Juga:  Ekspor UMKM Diakui Terkendala Biaya

“Sementara untuk sapi dan domba di Cililin mampu dijual di tingkat lokal. Sampai saat ini kebutuhan sapi dan domba di Kabuaten Bandung Barat sudah terpenuhi,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga