Rekam Jejak Pelatih Baru Persib

PERSIB telah resmi menunjuk pelatih asal Argentina, Roberto Carlos Mario Gomez untuk mengarungi kompetisi musim depan. Pelatih kelahiran Mal der Plata, Argentina 27 Februari 1957 ini ternyata memiliki catatan prestasi yang cukup gemilang dalam masa karier kepelatihannya.

Yang terdekat, Gomez berhasil membawa klub asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT) menjuarai Liga Super Malaysia sebanyak 2 kali, pada tahun 2015 dan 2016.

Selain itu, juru racik yang pernah menukangi klub Argentina, Gimnasia Jujuy ini pun sukses mengantarkan JDT merengkuh gelar AFC Cup tahun 2015.  Hal tersebut sekaligus menjadikan JDT sebagai klub dari Benua Asia Tenggara pertama yang menjuarai pada ajang AFC Cup.

Atas raihannya tersebut Gomez langsung mendapatkan penghargaan dari federasi tertinggi sepakbola Malaysia (FAM) sebagai  pelatih terbaik Liga Malaysia tahun 2015 lalu.

Dalam urusan jam terbang pun Gomez terbilang sukses. Ia merupakan asisten pelatih Hector Raul Cuper semasa di Real Mallorca, Valencia dan Inter Milan.

Saat bekerjasama dengan Cuper di Mallorca tahun 1999, Gomez berhasil membawa klub asal Spanyol ini finis di urutan ketiga La Liga dan runner-up Piala Winners.

Itu di Mallorca, berlanjut ke Valencia ia bersama Cuper sukses membawa tim berlogo kelelawar itu menembus final Liga Champions Eropa (UCL) dua kali beruturut-turut tahun 2000 dan 2001.  Namun sayang, dari keduanya Valencia hanya berada di posisi runner-up.

Di Valencia ia turut menangani beberapa mantan pemain top dunia seperti, Gaizka Mendieta, Santiago Canizares, Pablo Aimar, Killy Gonzalez hingga Claudio Lopez. (sib/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan