Kampanye dari Udunan, Relawan Ridwan Kamil Deklarasikan Gerakan di Pilgub

Udunan Warga, kata Hanief, merupakan ikhtiar untuk mengembangkan penggalangan dana secara transparan, terpercaya dan efisien. ”Kami ingin bersama-sama mengedukasi warga untuk ikut serta dalam sistem pendanaan politik agar ke depan kualitas demokrasi kita meningkat,” ujarnya.

Meski demikian, jumlah sumbangan untuk perorangan dibatasi mulai dari Rp 10.000 hingga maksimal Rp 75 juta. Sedangkan untuk perusahaan maksimal Rp 750 juta.

”Kami tidak menerima transaksi tunai, agar pendataannya jelas dan transparan. Kami hanya menerima transaksi melalui kartu debit, kartu kredit, atau setoran tunai melalui bank,” urainya.

Sementara itu, Bakal calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan dirinya tidak akan masuk menjadi kader partai manapun sampai Pilkada selesai. Dia mengakui setiap partai yang menjadi mitra koalisinya memang menawarkan agar dirinya menjadi kader partai.

”Kalau ditanya soal masuk kader partai, saya harus istihoroh dulu. Sampai sejauh ini saya pastikan posisi saya, saya bukan orang partai,” kata Emil usai mengikuti acara jalan santai sejauh 3 km bersama sekitar 2000-an warga di Karawang Sabtu (11/11).

Kehadiran bakal calon Gubernur Jawa Barat di acara tersebut adalah untuk memenuhi undangan dari Partai Nasdem yang berulang tahun ke-6. Acara jalan santai merupakan rangkaian kegiatan partai yang diketuai oleh Surya Paloh. Acara gerak jalan tersebut mengambil start dan finis di lapangan Tugu Pahlawan, Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Terkait pertanyaan yang selalu dilontarkan mengenai wakilnya, Emil menjelaskan, tentang wakil partai koalisi akan memusyawarahkannya. Sebab, partai di dalam koalisi juga mengajukan wakilnya kecuali Nasdem.

”Saya tidak masalah dipasangkan dengan siapapun selama hal itu disepakati oleh koalisi, dengan catatan wakilnya harus punya nilai kepemimpinan dan elektabilitas. Nanti kalau sudah ada keputusan, akan saya sampaikan kepada media,” kata Emil.

Di sisi lain, Emil mengatakan, ada dinamika di Partai Golkar Jawa Barat terkait dengan pengusungannya dan calon wakil gubernur Daniel Muttaqien. Menurut dia, terdapat 626 pengurus Golkar tingkat kecamatan yang menolak pasangan Ridwan-Daniel dalam pemilihan gubernur tahun depan.

”Jadi dinamika itu memang ada. Tapi tidak ada masalah,” jelas Emil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan