Hujan Ringan Sampai Tinggi, BMKG Imbau Tetap Waspada

jabarekspres.com, BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau warga Bandung untuk waspada karena Jawa Barat termasuk kawasan rawan bencana.

Terlebih menurut menurut staff Data dan Informasi BMKG Bandung Neneng Sugianti, bagi warga yang bermukim di kawasan lereng gunung atau di sekitar bibir sungai. Apalagi saat ini, curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Curah hujan dengan intensitas tinggi diprediksi akan terus terjadi hingga puncak musim penghujan Maret 2018.

Lanjut Neneng, secara klimatologis hampir seluruh wilayah di Jawa Barat mengalami musim hujan secara merata. Intensitas hujannya rata-rata akan terjadi mulai dari sedang hingga lebat. “Dari data yang ada curah hujan untuk Bandung Raya masih terbilng tinggi,” kata Neneng Sugianti staff Data dan Informasi BMKG Bandung dijumpai di kantor BMKG kota Bandung Jalan Cemara, kemarin.

Neneng mengatakan dari 7-9 November akan terjadi curah hujan ringan hingga sedang. Memasuki 10-13 November curah hujan dari sedang hingga lebat. Itu akan terus terjadi hingga puncak musim penghujan Maret mendatang sesuai perubahan cuaca. “Warga diimbau agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca tersebut,” katanya.

Selain curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, lanjut Neneng fenomena alam seperti kilat, petir dan angin kencang kemungkinan terjadi di semua wilayah Jawa Barat. ”Sudah pasti hujan dengan intensitas tinggi akan dibarengi dengan petir, kilat dan angin kencang, itu sangat berpotensi terjadi. Apalagi, peralihan dari November mau ke Desember,” terangnya.

Neneng menyarankan, warga yang bermukim di kawasan lereng, pegunungan atau berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) agar selalu waspada mengingat curah hujan deras disertai angin kencang dan petir sangat berpotensi menyebabkan terjadinya bencana seperti longsor atau banjir.

“Kabupaten Bandung itu sangat rawan terjadi bencana longsor karena masih banyak area pegunungan,” terangnya.

Neneng menambahkan, pantauan sementara secara klimatologis dan update data sementara di lapangan potensi hujan ringan di siang hari akan terjadi di sebagian wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Majalengka, Sumedang, Kuningan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan