oleh

Cureng Pesawat Pertama Indonesia

jabarekspres.com, BANDUNG – Tentara Rebuplik Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) berhasil mereparasi pesawat hasil rampasan perang dunia kedua. Pesawat peninggalan masa Jepang bernama Cureng Tipe Yokosuka K5Y1, untuk kali pertama bisa dilihat saat peringatan Hari Bhakti ke-70 TNI AU di Yogyakarta.

Menurut Mayor Teknik Heri Heryadi, kata Cureng berasal dari bahasa Jepang yang merupakan akronim dari Chukan Renssuki (Intermediate Level) pesawat latih menengah. Memang pesawat yang diproduksi kali pertama Tahun 1933, didesain untuk pesawat latih sedang angkatan laut Jepang saat itu. Sementara basic desainnya masih menyerupai produk Boeing Seat Man Amerika. Kemiripan itu lantaran Jepang merupakan salahsatu anak didik Amerika sehingga wajar jika pesawat yang dibutnya itu meyerupai pesawat yang diproduksi Amerika.

Baca Juga:  Komunitas Tionghoa Bantu Vaksinasi COVID-19, 4 Ribu Guru dan 3 Ribu Lansia di Kota Bandung

Pada awal pembuatannya, sebut dia pesawat Cureng diproduksi sebanyak lima ribu unit dengan desain dua sit atau dua kursi. Kursi depan untuk pilot dan belakang untuk pengebom. Pesawat Chureng memiliki mesin dengan piston melingkar atau dikenal dengan piston bintang dengan sistem pendingin udara kelebihannya pesawat ini tidak perlu oli pendingin. Dengan rangka piva yang diselimuti kain pabrik sehingga pesawat ini sangat ringan ketika terbang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga