Cureng Pesawat Pertama Indonesia

Surya Darma merupakan salah seorang penerbang asal Jawa Barat yang ikut membom Berlin bersama angkatan senjata Belanda pada perang dunia ke dua. Yang membaggakan, pusat pangkalan udara yang pertama di Indonesai ialah di Jawa Barat.

Pada tanggal 26 Oktober setelah memastikan pesawat Cureng bisa terbang, perintah selanjutnya untuk pesawat ini membom Salatiga salah satu panggkalan tangki Belanda denga segala kekurangannya. Yang menjadi spesial dari pesawat ini ialah sebagai simbolis keberhasialan TNI AU Indonesia dalam menjalankan misi mempertahankan Indonesia.

Disebutkan Heri pesawat yang penuh dengan sejarah ini populasinya tinggal satu di dunia yang di simpan di musium Satria Mandala Jakarta. ”Dengan semangat ideologi yang dimiliki pesawat Cureng ini sehingga KASAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mencoba mereparasi pesawat ini dengan dibantu penasihat engineering DANKOHARMATAU -Marsda TNI I. Tryandono, Penanggung Jawab KADISAEROAU Marsma TNI Dento Priyono,” sambungnya.

Heri meyebutkan ketika ditemukan pesawat ini, dalam keadaan kurang terawat dan rusak. Kerusakan yang terjadi karena sudah terlalu tua usianya. ”Kita lihat pesawat ini rusak bahkan dijadikan sarang burung walet,” katanya.

Sesuai dengan spriritnya pesawat ini direparasi sesuai dengan bentuk aslinya tidak ada yang diubah, sampai jenis kain pabriknya. Dia pun berharap dengan direparasinya pesawat ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, khusunya untuk para prajurit TNI maupun masyarakat pada umumnya. ”Kita akan menjadikan pesawat ini dispaly life musium, di terbangkan bisa namun riskan,” ucapnya.

Dia mengatakan pada launcingnya pesawat ini menumbuhkan romantisme masa lalu, sebab TNI AU harus terlebih dahulu membuat drama treaktikal pada jaman peperangan. ”Semoga bisa menumbuhkan rasa nasionalosme,” harapnya.

Dia berharap kedepannya dengan adanya reparasi pesawat Cureng Indonesia bisa lebih maju dalam hal kedirgantaraan. “Kalau zaman dulu bisa, kenapa di zaman sekarang yang sudah maju kita tidak bisa. Kita harus lebih maju lagi,” pesannya. (pan/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan