PKK- KB Batujajar Melaju Ke Tingkat Provinsi

jabarekspres.com,BATUJAJAR – Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB-Kesehatan Desa. Batujajar Barat Kecamatan Batujajar akan mewakili Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam lomba Kesrak tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017.

Bupati KBB Abubakar mengatakan, dari sisi manajerial membangun keterpaduan PKK dan KB diyakini akan menjadi kelebihan tersendiri untuk memenangkan lomba. Untuk itu, sebagai pemenang di tingkat Kabupaten Kesrak Batujajar Barat didorong untuk mewakili tingkat provinsi.

Dirinya menjelaskan, program ini dimaksudkan membangun manajerial, Kesehatan dan kebersihan lingkungan yang dilakukan kepala desa bersama PKK menjadi model terwujudnya keterpaduan 10 program PKK dan pencapaian target KB.

“Tapi yang lebih penting lagi adalah membangun sumber daya manusia bandung barat melalui gotong royong dan partisipasi aktif masyarakat dalam bidang kesehatan dan keluarga berencana,”jelas Abubakar ketika ditemui kemarin (3/11).

Dirinya berharap, selain kemenangan ditingkat provinsi kesrak juga menjadi corong pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. Muncul kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersamaan mewujudkan lingkungan yang sehat dan keluarga harmonis.

“Melalui kesrak ini, tumbuh kesadaran hidup sehat dan bagaiamana membentuk keluarga yang harmonis dengan program keluarga berencana,” ujarnya.

Ditempat sama, Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Bandung Barat Asep Wahyu FS menerangkan, terdapat tiga kriteria penilaian yang menjadoli penilaian tim Monev Provinsi.

“Aspek pemberdayaan keluarga, aspek pembangunan keluarga berencana dan kependudukan,” katanya.

Tujuan Kesrak ini, lanjut Asep, adalah menekan kematian ibu dan meningkatkan kepesertaan KB dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat sekitar bergabung bersama PKK.

“PKK memiliki tugas pokok dan kemudian berpadu dengan program KB, tujuan akhirnya menjadikan lingkungan yang sehat sampai titik posyandu,” katanya.

Tim monitoring, imbuh dia, akan melihat sejauh mana program kesrak mencapai target tahunan KB. Pada akhir tahun evaluasi pencapaian target akan terlihat dan akan menjadi penentu kemenangan tingkat provinsi.

” Saat ini Kepesertaan KB di desa Batujajar Barat 78 persen dari pasangan usia subur dan tingkat RW masih di 68 persen. Nah, program ini menggenjot terget RW setidaknya setara dengan pencapaian Desa,” tutupnya. (rmol/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan