oleh

Sekda Minta Pelayanan Adminduk Lebih Cepat

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat, Maman S Sunjaya meminta kepada jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip) untuk lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, saat ini pelayanan adminduk, setiap harinya selalu didatangi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan. Sebab, ramainya pengurusan ini kemungkinan masyarakat membutuhkan surat keterangan untuk keperluan adminstrasi lainnya.

“Ada tiga hal yang sangat diharapkan oleh masyarakat, yakni gampang, hampang dan gancang,”jelas Maman ketika ditemui kemarin (17/10)

Maman menjelaskan, dalam pelayanan adminduk, masyarakat tidak ingin direpotkan dengan berbagai persyaratan yang berbelit, tetapi adanya kemudahan (gampang) dalam memenuhi berbagai persyaratan dengan pembiayaan yang relatif murah (hampang) serta waktu pelayanan yang relatif cepat (gancang).

Maman mengakui, selama ini paradigma masyarakat tentang pelayanan adminduk masih pada pola pikir lama, yang sangat ribet, berbelit, mahal dan lama.

Oleh karena itu, selaku aparat harus bisa merubah paradigma tersebut dengan pelayanan yang gampang hampang dan gancang, sehingga, akan menumbuhkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah,” ujarnya.

Untuk permasalahan kependudukan di Indonesia diakuinya belum pernah tuntas sejak zaman penjajahan dulu, mengingat model dan kultur masyarakat yang berbeda-beda.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga