Biasakan Cuci Tangan Sejak Dini

jabarekspres.com, BALEENDAH – Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) tidak boleh dianggap sepele, karena dampaknya bisa luar biasa untuk peningkatan derajat hidup manusia. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan, usai acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) tingkat Provinsi Jawa Barat, di Sekolah Dasar Negeri Jarisari 1 Kelurahan Manggahang Kecamatan Baleendah, Selasa (17/10).

Menurutnya, HCTPS Ini hampir sama dilakukan semua daerah. untuk menggerakan lingkungan dan kebiasaan hidup sehat bersih, CTPS itu jangan dianggap sepele, bahkan harus terus digalakkan, karena dulu dengan sekarang kualitas airnya beda.

Digelarnya CTPS sangat berkaitan dengan perilaku hidup masyarakat yang kurang baik. Sebab, waktu dulu kualitas air masih terjaga bersih, kualitas udara juga segar. Namun, saat ini tantangan adalah kualitas lingkungan yang menurun.

“Polusi dan pencemaran banyak, Jadi, kalau dulu hanya cuci tangan di sungai terus langsung makan, jarang yang kena dampak sakit perut dan lainnya,”jelas Gun-gun ketika ditemui kemarin (17/10)

Namun, sekarang sangat rentan sebab disekitaar kita saja banyak bakteri dan kuman akibat banyaknya polusi. Bahkan, yang paling mematikan adalah penyakit diare yg disebabkan kuman yang menempel ditangan.

Dia berharap, CTPS tersebut bisa terus disosialisasikan dan dikampanyekan. Tapi lanjutnya, tidak hanya untuk anak-anak saja melainkan untuk semua kalangan.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Barat R. Gisella Mizwar mengatakan, peringatan HTCPSS dari tahun ke tahun terus dilakukan secara rutin, dengan tujuan seluruh warga diharapkan mengikuti imbauan PBB, UNICEF, dan WHO, yaitu melakukan gerakan cuci tangan pakai sabun atau Global Hand Washing Day.

“Gerakan ini merupakan kampanye dunia untuk menekan angka kematian pada anak akibat penyakit diare,”ucap Gisella.

Menurutnya,berdasarkan data UNICEF pada 2008 sekitar 3,5 juta balita di dunia meninggal karna diare dan infeksi saluran pernafasan.

di Indonesia sendiri diare masih menjadi penyakit mematikan nomor 2 pada balita dan nomor 5 pada semua umur.

Istri Wakil Gubernur Deddy Mizwar tersebut, menuturkan, peningkattan kesehatan anak dan menekan kematian anak khususnya di provinsi Jawa Barat dan di Kabupaten Bandung dengan cuci tangan pakai sabun harus dikampanyekan sejak dini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan