Koperasi Jabar-Kepri Kembangkan Kemitraan

jabarekspres.com,  BANDUNG – Jaringan kemitraan antara koperasi di Jawa Barat dengan koperasi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) makin meningkat dengan berbagai kerjasama. Sejumlah koperasi di Jawa Barat turut ambil bagian dalam kegiatan pengembangan Jaringan dan Kemitraan Koperasi ke Provinsi Kepri dan Kota Batam pada 12-14 Oktober 2017.

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat Elis Yatimah menyebutkan, kegiatan tersebut memang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan silaturahmi, kerjasama, pengembangan jaringan dan kemitraan antara koperasi di Jabar dengan koperasi di Kepri. Koperasi di Kepri dan Batam sangat tertarik dengan produk koperasi di Jabar khususnya, produk susu dari KPBS Pangalengan.

”Kita tahu Kepri ini posisinya sangat strategis berdekatan dengan dua negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura, sehingga kita berharap dengan kegiatan ini akan terjalin kerjasama usaha di antara koperasi. Koperasi di Jabar ada memproduksi berbagai produk contohnya KPBS Pangalengan, kebetulan sebagai koperasi produsen menghasilkan berbagai produk unggulan berbahan baku susu seperti butter, keju, yogurt, permen dan lainnya. Kita berharap dengan kegiatan ini akan terjadi transaksi di antara koperasi Jabar dan Kepri,” tuturnya.

Kegiatan pengembangan jaringan kemitraan ini lanjutnya, selain melakukan kunjungan ke koperasi koperasi di Kepri dan Batam digelar pula kegiatan Temu Bisnis serta pameran mini antara koperasi Jabar dengan Koperasi di Kepri dan Batam. Pada temu bisnis ini koperasi di Batam yang kebanyakan koperasi karyawan, karena Batam dikenal sebagai kota industri, sangat antusias dan tertarik untuk bekerjasama dengan koperasi di Jabar.

Konsultan Koperasi sekaligus Ketua Badan Akreditrasi Koperasi (Bakop) Jabar, Andang K. Ardiwikarta menegaskan, momen ini harus dijadikan oleh koperasi Jabar untuk menjalin kerjasama dan transaksi usaha. Kepri dan Batam dinilainya sangat strategis, harus dijadikan pintu masuk oleh koperasi di Jawa Barat untuk memasarkan produknya ke luar negeri khususnya Singapura dan Malaysia.

”Koperasi di Jabar saya kira lebih berkembang dibanding koperasi yang berada di Kepri dan Batam. Bila dilihat dari aset atau omzet, koperasi disini lebih kecil dibanding di Jabar. Namun saya melihat, semangat koperasi di Kepri dan Batam ini untuk maju sangat besar. Buktinya, ketika tadi kunjungan ke Kopwan Mandiri, mereka  antusias dan banyak bertanya serta belajar tentang kiat sukses  koperasi di Jabar,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan