oleh

Dewan Harus Kurangi Kunker

jabarekspres.com, CIMAHI – Banyaknya anggota DPRD Kota Cimahi yang sering melakukan kunjungan kerja (Kunker) keberbagai daerah sebetulnya banyak dikeluhkan masyarakat umum. Sebab, tugas yang tengah dilaksanakan anggota DPRD tidak memberikan dampak secara langsung. Sehingga, banyak yang beranggapan Kunker hanya sebagai kegiatan jalan-jalan dan menghabiskan anggaran belaka.

Menyikapi hal ini, Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi, Arlan Sida mengakui, saat ini citra negatif terhap para anggota badan legislatif dimata masyarakat belum sepenuhnya hilang. Sebab, selama ini anggota DPRD seperti memiliki sekat dengan masyarakat secara umum.

Menurutnya, banyak anggapan dari masyarakat yang mengatakan dengan kosongnya gedung dewan oleh anggota DPRD mengindikasikan dewan itu malas atau sedang jalan-jalan. Sehingga menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat.

Untuk itu, untuk mengubah Image tersebut, lembaga legislatif harus bisa merubah paradigma anggotanya untuk sesering mungkin mendatangi masyarakat dengan mendengarkan berbagai keluhannya.

Arlan menilai, selama ini masyarakat sudah dibuat sangat kecewa bila mengetahui kondidi kinerja dewan yang selama ini kurang baik. meskipun kunjungan kerja yang dilakukan sudah menjadi agenda rutin anggota dewan.

“Jadi ketika masyarakat ingin berkeluh kesah, mau kesiap yang menanggapi kalau wakilnya tidak ada di tempat,”ucap Arlan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.