BSMSS Kodim 0609 Rehab Jalan

jabarekspres.com, SOREANG – Komando Distrik Militer (Kodim) 0609 menyelenggarakan kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) 2017 di Desa Neglasari Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, kemarin (7/9).

Menurut Wakil Bupati Bandung H. Gun Gun Gunawan, sasaran program pada kegiatan  fisik kali ini berupa rabat beton (pengerasan jalan) sepanjang 700 meter dan bekerjasama dengan Dinas PUPR dalam pembuatanTembok Penahan Tanah (TPT) untuk jalan setapak sepanjang 40 meter.

Kegiatan  fisik dengan biaya kurang lebih Rp 300 juta dari APBD ini direncanakan berlangsung selama 14 hari dari 7-20 September 2017 dan Kodim 0609 mengerahkan pasukan inti sejumlah kurang lebih 2 SST (Satuan Setingkat Peleton).

Lebih lanjut Wabup mengatakan, salah satu tujuan diselenggarakannya BSMSS untuk memberikan motivasi sekaligus stimulan kepada masyarakat. ”Melalui program ini, seluruh masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki,” ucap Gun Gun Gunawan.

Program ini lanjutnya, merupakan sarana untuk memupuk dan menumbuh kembangkan sabilulungan, persatuan, solidaritas sosial, kekompakan dan keterpaduan semangat bergotongroyong antara TNI, unsur Pemda dan warga masyarakat desa dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat terutama dalam upaya mengatasi masalah lingkungan.

”Kegiatan ini tidak hanya menata lingkungan fisik tapi juga lingkungan sosial untuk membangun soliditas dan hubungan harmonis antara TNI, pemerintah dan rakyat,” katanya.

Sejalan dengan program ini, beberapa Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Bandung juga turut serta memberikan bantuan dalam giat non fisik, antara lain berupa bantuan 250 batang bibit pohon untuk penghijauan, 200 buah bibit tanaman cabe rawit dalam polybag, 100 kilogram benih ikan nila, 1 ekor domba jantan, 4 ekor domba betina, 2 buah komposter, 2 buah bor biopori, alat-alat olahraga serta APE luar untuk PAUD.

Pelayanan gratis pun diberikan berupa pembuatan SIUP/TDP, pelayanan kesehatan, bintek pengelolaan lingkungan dan sosialisasi pengurangan resiko bencana, sosialisasi keselamatan dalam berkendara (safety driving), saresehan wawasan kebangsaan, kursus tata boga, pelatihan olahan makanan dan kemasan.

”Kesuksesan pembangunan fisik dan non fisik pada giat tahun ini sangat bergantung pada kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat, ‘hayu urang sabilulungan ngawangun Kabupaten Bandung’ yang kita cintai ini,” pungkasnya. (rus/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan