oleh

Ratusan Rumah Akan Dirobohkan Untuk Proyek Kereta Cepat

jabarekspres.com, NGAMPRAH – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung menargetkan  proses pembebasan lahan milik PT KAI untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung selesai September 2017. Hal itu diungkapkan Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung Joni Martinus di Ngamprah, kemarin.

Dia menyebutkan, sampai saat ini pihaknya sudah membebaskan lahan seluas 15.502 meter persegi. Lahan tersebut akan digunakan untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. “Tapi untuk sisanya sekitar 17.866 meter persegi masih dalam proses. Kami optimis awal September ini, sisa lahan yang belum dibebaskan bisa selesai,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, lahan seluas 17.866 meter persegi itu berada di Kecamatan Makarsari, Kabupaten Bandung Barat. Saat ini, proses negosiasi harga telah selesai. Tanggal 6 September 2017 nanti, PT KAI akan melakukan eksekusi lahan jika masih ada bangunan warga yang belum dirobohkan. Ada ratusan rumah warga yang rencananya akan dibongkar.

Proses negosiasi dengan warga Mekarsari, lanjut dia, tidak ada masalah. Beberapa warga yang awalnya menolak, kini sudah sepakat akan membongkar sendiri bangunannya. Apabila sampai 6 September belum dibongkar, PT KAI yang akan melakukan pembongkaran.
“Proses pembebasan lahan milik kami memang bertahap, Mekarsari ini yang terakhir. Warga yang tinggal dan bangunannya pun paling banyak. Tapi bukan karena ada persoalan, karena sekarang warga sudah sadar kalau itu tanah kami,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga