oleh

Dialog Bisa Antisipasi Perpecahan

jabarekspres.com, BANDUNG – Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menegaskan dialog merupakan salah satu kunci bangsa Indonesia jauh dari perpecahan. Selain itu lanjutnya, dialog merupakan media yang satu satunya bisa meningkatkan sikap saling memahami dan menerima.

Menurutnya, sebuah isu atau masalah menjadi memanas karena mereka sendiri yang melakukan. ”Saya melihat memanas isu terkait perbedaan, salah satunya karena kurang dialog. Kita kurang dialog karena, sering monolog. Berbicara sendiri dipalsukan sendiri dan kita sendiri yang kenanya. Menyindir kepada kelompok yang kita tidak suka. Nah jika kita tidak berdialog maka terus perpecahan akan terjadi seperti itu,”jelas Ridwan saat menjadi narasumber pada acara seminar Menguatkan Bandung Sebagai Kota HAM di Pendopo Kota Bandung, kemarin (24/8).

Ridwan yang akan mencalonkan diri jadi Gubernur Jawa Barat itu, lebih lanjut menyebutkan dirinya menyarankan ketika perpecahan terasa, maka yang terbaik itu langsung saja memberanikan diri untuk berdialog. ”Memberanikan diri untuk bertemu dengan orang yang bersendiran dengan kita, berdialog kejernihan, berfikir dan mendeskripsikan perbedaan,” tegasnya

Ditambahkan Ridwan, Tuhan sudah menganugerahkan takdir kepada Indonesia berupa pancasila yang merupakan hasil pembahasan, hasil riset sehingga lahirlah lima sila yang kuat. ”Apapun masalahnya, ketika kita kembali ke pasal atau sila itu maka akan selesai. Siapapun yang mencoba menambahi atau mengurangi Pancasila, maka orang atau kelompok itu yang memulai perpecahan,”ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga