Pramuka Harus Dibawah Kemendikbud

jabarekspres.com, SOREANG – Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) gerakan pramuka Kabupaten Bandung, Dadang M Naser mengatakan, akan mendukung pramuka berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal ini menanggapi pernyataan Ketua Kwarnas Pramuka, Adhyaksa Dault yang meminta agar pramuka tidak berada dibawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Saya setuju pramuka dibawah Kemendikbud. Selama ini gerakan pramuka tidak bisa dilepaskan dari pendidikan karena pangkalnya sekolah. Mau di Kemendikbud tidak masalah,” ujarnya kepada wartawan, kemarin, (22/8).

Menurutnya, kehadiran gerakan pramuka di organisasi kepemudaan memberikan gambaran tentang kedisiplinan gerakan pramuka secara nyata. Dimana, gerakan tersebut menjadi pemicu untuk bersama-sama mencintai tanah air.

Ia menuturkan, gerakan pramuka adalah gerakan yang tidak berorientasi kepada politik namun bisa melahirkan kader politik. Katanya, dirinya menambahkan ingin metode pendidikan pada gerakan pramuka dari siaga ke pandega bisa dievaluasi. Dengan harapan anak-anak akan tertarik pada pramuka.

Dadang menambahkan, direncanakan pada ulang tahun ke 56 ini akan dilaksanakan Pramuka Award Jawa Barat di Kabupaten Bandung di Gedung Budaya Sabilulungan (GBS). Pihaknya mengaku siap jika kegiatan dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, Ketua Kwarnas Pramuka, Adhyaksa Dault mengungkapkan ingin pramuka lebih tepat berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) karena organisasi pemuda yang berada dibawah Kemenpora merupakan organisasi politik.

Selain itu, katanya gerakan pemuda bukan merupakan organisasi politik. Dirinya pun memgeluhkan anggaran untuk gerakan pramuka yang tiap tahun terus menurun.(rus/gun)

 

Tinggalkan Balasan