Pramuka Harus Berkreasi dan Berinovasi

jabarekspres.com, SOREANG -Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung, H Dadang M Naser menghimbau para pembina pramuka untuk terus berkreasi dan berinovasi. Hal tersebut harus dilakukan dalam pendidikan kepramukaan agar para pelajar semakin tertarik dengan gerakan pramuka.

“Usia peserta didik pramuka (7-25 tahun) merupakan generasi yang mudah menyesuaikan dengan kemajuan tekhnologi. Karenanya para pembina harus mampu memanfaatkan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam metode pendidikan kepramukaan agar selalu up to date mengikuti perkembangan zaman,” ujar Bupati Bandung ini.

Menurut Kak Dadang, sapaan Ketua Mabicab, gerakan pramuka bukan hanya latihan baris-berbaris, mendirikan tenda, membuat simpul tali, atau keterampilan lainnya. Tapi para pembina juga harus dapat memandu kedisiplinan dalam penggunaan TIK yang positif dan produktif.

“Pandu adik-adik kita untuk menggunakan media sosial dengan positif dan bijak, tanamkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air melalui pemanfaatan internet,” imbuh Kak Dadang.

Peringatan Hari Pramuka dengan tema ‘Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa’. Menurut dia mengindikasikan bahwa gerakan pramuka tetap fokus dan konsisten dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan.

“IPTEK harus diimbangi dengan IMTAQ, nilai-nilai kemanusiaan harus terus ditanamkan dalam setiap jiwa anggota gerakan pramuka melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk menyiapkan generasi milenial agar menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang berkarakter di masa yang akan datang,” paparnya.

Dengan hadirnya pramuka dalam Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) untuk memberikan gambaran bahwa pramuka organisasinya riil. Menjadi pemicu bagi organisasi kepemudaan lain untuk bersama-sama menanamkan rasa cinta tanah air dengan tidak berorientasi politik namun bisa melahirkan kader-kader politik.

“Semoga dengan momentum Hari Pramuka ke-56 ini, gerakan pramuka dapat berkontribusi positif terhadap pembangunan di Indonesia pada umumnya dan di wilayah Kabupaten Bandung pada khususnya,” pungkasnya.

Sementara Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Ciwidey menggelar hari pramuka ke 56 dengan menggelar lomba tingkat (LT) II, kata seni dan olahraga (Kanira). Acara tersebut digelar  di Bumi Perkemahan Rancaupas Kecamatan Rancabali tiga hari ke depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan