Kredit Usaha Rakyat: Modal Usaha Didapat, Perekonomian Jadi Sehat!

Dalam penyalurannya, KUR dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Penyaluran KUR secara langsung dilakukan oleh UMKM dan Koperasi dengan cara mendatangi kantor cabang bank pelaksana. Namun untuk mendekatkan pelayanan kepada usaha mikro, penyaluran KUR dapat dilaksanakan secara tidak langsung, yaitu melalui Lem baga Keuangan Mikro (LKM) dan KSP/USP Koperasi, atau melalui linkage program lainnya yang bekerjasama dengan bank pelaksana.

UMKM dan Koperasi yang dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif antara lain:

  • Perdagangan, termasuk kuliner dan eceran
  • Pengolahan, termasuk industri kreatif di bidang periklanan, fashion, film, animasi, video, dan alat mesin pendukung kegiatan ketahanan pangan
  • Jasa-jasa, termasuk penyediaan akomodasi, transportasi, pendidikan, dan kemasyarakatan
  • Pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan
  • Jasa keuangan simpan pinjam

Terhitung per tahun 2016, bunga KUR di bank telah menerima subsidi dari pemerintah sebanyak 13%. Hal tersebut berarti bunga KUR yang awalnya diberikan 22% pada tahun 2014, sudah turun menjadi 9%.

Sayangnya, saat ini mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui KUR dan belum berani mengajukan kredit tersebut ke bank. Padahal, masyarakat Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjalankan usahanya dengan baik, bila dibimbing dan dibina.

Untuk mendukung program KUR, berbagai sektor/ pihak mulai dari pemerintah, perbankan, lembaga penjamin kredit dan masyarakat, punya ‘pekerjaan’ penting.

Bagi anak muda yang baru ingin memulai usaha, sesuaikan dengan minatmu, dan maksimalkan setiap potensi yang ada pada dirimu. Tidak perlu takut untuk memulai, dan jangan ragu untuk mengikuti berbagai macam pendidikan atau pelatihan yang dapat mengingkatkan kemampuan usahamu. Persiapkan usahamu secara matang. Jika sudah berjalan aktif selama 6 bulan, kamu bisa menambah modal dengan KUR.

Jika semua sektor mampu melakukan ‘pekerjaannya’ dengan baik, Indonesia pasti bisa menjadi selangkah lebih maju. Yuk, ajak temanteman dan orang di se ki tarmu untuk menjadi lebih produk tif! Jangan ragu untuk memulainya hari ini.

Hari gini uang masih abis cuma buat jalanjalan dan belanja? Nggak keren deh! Mending buka usaha. Sudah banyak orang yang mulai, kamu jangan sampai ketinggalan ya..

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan