oleh

Perizinan Ada Kajian Teknis

jabarekspres.com, BANDUNG – Masih adanya penyalahgunaan prosedur yang dilakukan pengembang perumahan membuat Pemprov Jabar akan memperketat perizinan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengakui, masih ada pengembang-pengambang yang tidak mau menempuh prosedur secara benar. Sehingga, aturan yang sudah ditetapkan malah dilanggar.

“Saya meminta para pengembang di wilayah Jawa Barat untuk taat aturan dan menempuh perizinan yang berlaku,”jelas Deddy ketika ditemui di Gedung Sate kemarin (15/8)

Menurutnya, sebuah perizinan dikatakan sah bila menempuh tiga syarat penting yaitu, pengembangan tidak melampaui atau menyalahi kewenangan pemerintah. Artinya, jika peruntukannya dilarang maka pengembang jangan memaksakan.

Selain itu, pengembang harus menempuhan prosedur yang sudah ditetapkan. Sebab, kewenangan provinsi yang terpenting adalah memberikan rekomendasi sebagai persyaratan ijin prinsip dan izin Amdal.

Selain itu, dalam mengajukan perizinan pengembang dilarang menambah subtansi terkait tata ruang. Sebab dalam pengelolaan tata ruang dan tata wilayah sebuah daerah sudah memiliki ketetapan hukum dalam sebuah aturan.
“Nah kalau tiga ini kita kerjakan dengan baik, kita selamat. Kalau tiga hal tadi kita langgar, itu kan biasanya kalau yang gitu-gitu ada potensi korupsi,”ucap Deddy.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga