Pemkab Harus Tindak Tegas Oknum PNS

jabarekspres.com, SOREANG – Adanya dugaan pemalsuan hak cipta yang dilakukan oleh Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) atas hasil karya Kube Alam Lestari merasa sangat dirugikan.

Ketua Posyantek Kecamatan Baleendah Asep Deni mengaku kecewa, setelah mengetahui produk hasil inovasi yang diciptakan kelompok bersama (Kube) Alam Lestari Baleendah. di Bajak dan diperdagangkan tanpa ijin.

Sebelumnya, Asep tidak terlalu menanggapi adanya informasi adanya pembajakan alat Inovasi hasil ciptaannya.Namun, setelah diberitahui oleh salah satu kepala desa di Kecamatan Ciparay bahwa ada pengiriman alat produk dari Baleendah dia mengaku kaget.Bahkan, produk tersebut diklaim kiriman dari salah seorang kepala dinas Kabupaten Bandung.

“Saya baru mengetahui kejadian ini dari salah seorang kepala desa yang menanyakan bahwa ada kiriman alat tapi titipan dari PNS yang menjabat sebagai kepala dinas dan harus di bayar,” jelas Asep belum lama ini

Kalaupun itu benar, dia sangat menyayangkan tindakan oknum tersebut, padahal inovasi buatan Kube ini sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan produknya sudah diakui pemerintah Kabupaten Bandung sendiri. Bahkan, pernah mendapatkan juara pada gelar teknologi tepat guna se Kabupaten Bandung.

Asep menginginkan, Pemkab Bandung harus menindak tegas oknum PNS yang memperjual belikan alat inovasi ciptaannya tersebut. Seba, selama ini Kube yang dibinanya betul-betul murni dari swadaya bersama.

Sementara Ketua Kube Alam Lestari Edi Wardiansyah mengatakan, pihaknya berhasil menciptakan Alat pemusnah sampah. Kelompoknya itu, berada dibawah naungan Posyantek kecamatan baleendah. Ia menklaim kelompoknya itu merupakan salah satu kelompok usaha resmi yang bergerak di bidang teknologi tepat guna.

Edi Wardiansyah sangat menyayangkan dengan tindakan yang dilakukan oleh oknum PNS tersebut, Pasalnya, kelompok usaha bersama (kube) merupakan kelompok usaha kecil ini yang seharusnya dibina malah di binasakan.

“Inovasi yang kami buat ini selalu mengikuti prosedur, arahan dari pemerintah daerah khususnya dari dinas terkait. tetapi ketika produk sudah memenuhi standar malah di dahului oleh orang yang mengatasnamakan Kepala Dinas,” akunya

Edi berharap kepada pemerintah kabupaten Bandung agar memberikan pembinaan kepada kelompok yang mengikuti spek yang diarahkan dinas sesuai standar, karena kami bergerak dibidanf teknologi. Yang ironis bagi kube alam lestari, oknum tersebut mengkalim alat tersebut produksi yang kami ciptakan di baleendah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan