Mueller Teringat Eks Pelatih

jabarekspres.com – PENYERANG Bayern Muenchen Thomas Mueller memiliki hutang kepada eks bek timnas Malaysia Lim Teong Kim. Lim disebut pemain 27 tahun itu adalah mentor di awal karirnya.

Seperti diberitakan The Straits Times kemarin (25/7), Mueller mengatakan Lim adalah pelatihnya di Akademi Bayern. Lim menjadi pelatih di klub asal Bavaria periode 2001-2013.

Karena pada 2013 oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Lim dipanggil pulang kampung untuk memperbaiki pesepak bola muda Malaysia. Lim sendiri terlibat dalam National Football Development Programme Malaysia.

”Saya belajar banyak darinya. Dia sosok pelatih yang jeli dengan taktik dan bisa menempatkan pemain dengan posisi yang pas di lapangan. Saya menikmati masa-masa itu,” kata pencetak 37 gol dalam 85 caps bersama timnas Jerman tersebut.

Tangan dingin Lim ketika berada di Akademi Bayern melahirkan banyak talenta top kenamaan saat ini. Ada yang sudah pensiun, namun ada juga yang masih aktif. Misalnya saja Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, dan Toni Kroos.

Sayangnya Lim sama sekali gagal dikontak saat dimintai komentar soal kedatangan anak asuhnya dalam tur pramusim di Asia tersebut. Bayern saat ini berada di Singapura untuk terjun di International Champions Cup (ICC) 2017.

Akan tetapi dalam wawancara tiga tahun silam, Lim menuturkan kalau Mueller adalah sosok pekerja keras. Mueller yang tak mau kalah dengan rekan-rekannya menunjukkan ambisi sukses di masa depan sangat besar.

”Dalam latihan, kami men-drill Mueller untuk mengikuti bola setelah melakukan penalti karena untuk antisipasi bola pantulan. Dan hal itu kini menjadi salah satu aspek kekuatannya,” puji Lim dalam kepada The Straits Times 2014 lalu. (dra/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan