Kopi Garut Rambah Pasar Luar Negeri

<strong>jabarekspres.com, GARUT</strong> – Kopi Garut kini sudah menjadi primadona bagi penikmatnya di dalam hingga luar negeri, bahkan sejumlah pengusaha asing pun rela datang ke Garut untuk mengatahui proses pembuatannya. Kini tidak hanya kopi yang tengah trend di Garut, ada juga teh Cascara yang berasal dari kulit ceri kopi asli Garut yang mulai merambah pasar luar negeri karena memiliki citarasa unik.
Hari Yuniardi, pemilik Mahkota Coffe menyebut meski teh Cascara berasal dari kopi, namun saat diminum rasanya seperti teh namun memiliki rasa manis dan asam yang khas dari kopi. Ia mengaku jika teh tersebut ia ketahui dari orang luar negeri di akhir tahun 2014 lalu dan memiliki nilai jual yang cukup bagus.
“Cascara ini kita ketahui dari orang luar sekitar akhir tahun 2014, ternyata dari kulit kopi ini bisa dimanfaatkan dan mempunyai nilai jual. Cascara mempunyai manfaat yang hebat untuk tubuh dan antioksidannya pun lebih tinggi dari bawang putih, orang luar negeri pun sangat menyukai cascara dari Garut,” ujarnya, Kemarin (18/7).
Ia menyebut bahwa ada dua jenis cangkang kopi yang diolah untuk cascara, pertama dari hasil pengupasan mesin pengupas buah. “Hanya saja rasanya terlalu nendang bagi penikmatnya, dan untuk yang kedua hasil dari pengupasan buah kopi lalu diolah secara natural atau dijemur alami,” katanya.
Untuk yang pengolahan secara natural, lanjut dia, lebih disukai penikmat teh karena rasanya yang lebih lembut, hanya saja prosesnya bisa memakan waktu hingga satu bulan. Lamanya proses pembuatan tersebut karena buah merah kopi harus dibolak balik dibawah terik matahari, sehingga kondisi cuaca menentukan waktu pembuatan.
“Produkai teh cascara sangat terbatas karena proses yang panjang, paling per enam bulan hanya bisa memproduksi sekitar dua ton karena memang faktor cuaca menjadi penentu kualitas cascara. Banyak yang gagal juga karena masalah cuaca, dan kalau keburu busuk enggak bisa dipakai, harus diganti lagi dan diproses dari awal,” jelasnya.
Ia mengakui jika teh Cascara dari Garut tersebut kini sudah merambah pasar luar negeri seperti Hongkong, Singapura, dan Amerika. Ketiga negara tersebut diakuinya menjadi konsumen rutin, bahkan cascara dari Garut sudah dites di Amerika dan memiliki kualitas yang sangat baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan