Pasar Ekstrem Tomohon, Tempat Berbagai Daging ”Tak Lazim” Dijual

Menurut Maxi, berbagai daging di Pasar Beriman itu umumnya dipasok dari luar daerah. Sebab, biasanya ukurannya lebih besar ketimbang yang didapat dari kawasan Tomohon dan sekitarnya.

Ular piton, misalnya, ada yang didatangkan dari Gorontalo, Makassar (Sulawesi Selatan), atau Tolitoli (Sulawesi Tengah). Begitu juga dengan anjing, kelelawar, kucing, dan hewan-hewan lain.

”Biasanya dibawa dengan mobil boks. Ada tiga distributor besar yang masing-masing menyuplai sekitar satu ton,” kata Maxi.

Untuk tikus, hanya tikus hutan atau kebun yang dijual di pasar. Ciri khasnya adalah ekornya yang berwarna putih.

Tak selalu suplai daging yang masuk itu langsung habis diserap konsumen. Jika stok tengah banyak-banyaknya, tak jarang masih banyak tersisa. Kalau sudah demikian, daging biasanya dijajakan secara kanvas alias dijual keliling kampung.

Konsumen juga bisa membeli hewan yang masih hidup. Setelah harga disepakati, baru si hewan dieksekusi di tempat.

Maxi menambahkan, yang menjadi distributor daging adalah warga daerah sendiri. Tak sedikit pula warga Tomohon yang menetap di luar daerah untuk bekerja sebagai pemburu hewan.

Hewan-hewan ditangkap dengan cara tradisional. Menggunakan perangkap yang disebut dodeso. Harga setiap daging berbeda-beda. Ular piton, contohnya, umumnya dihargai Rp 60 ribu per kilogram. Sedangkan anjing bisa dijual per ekor dan kiloan. Harga per ekor Rp 250 ribu sampai Rp 450 ribu.

Pasar Ekstrem terbagi ke dalam dua sisi. Sisi utara menjual bahan pokok, sedangkan yang di selatan menjual berbagai daging ekstrem tadi.

Kios-kios serta ruko mengelilingi pasar. Kondisi pasar sama dengan kebanyakan pasar tradisional. Genangan air, bau menyengat, sampah sisa bahan pokok, hingga sampah plastik menghiasi setiap bagian.

Meski begitu, Pasar Beriman merupakan salah satu pasar utama bagi warga sekitar ataupun dari luar daerah. Sebab, selain beragam daging ekstrem, pasar tersebut terkenal sebagai sentra berbagai sayuran segar yang dijual sekitar 655 pedagang.

Namun, bagi turis atau warga luar Tomohon, atraksi utama di pasar tersebut tetap saja beragam daging ekstrem tadi. Tak terkecuali bagi wisatawan asing. ”Yang paling sering datang ke sini adalah orang Tiongkok. Ada juga orang Eropa dan Amerika,” kata Maxi.

Tinggalkan Balasan