oleh

Ribuan Guru Menanti Tunjangan

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Separuh guru di pendidikan dasar Kabuputen Bandung Barat belum mendapatkan tunjangan profesi guru. Pasalnya, mereka belum memenuhi syarat lamanya jam mengajar dan kehadiran.

Data di Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat menunjukkan. dari 10.199 guru yang mengajar di sekolah PAUD/SD/SMP, baru 4.611 guru yang mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG) di tahun ini.

Guru yang mendapatkan TPG harus berdasarkan penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, Hasanudin mengungkapkan, tidak seluruh guru mendapatkan tunjangan profesi. Saat ini tercatat sekitar 50 persen yang baru mendapatkan tunjangan. Syarat mendapatkan tunjangan, kata dia, guru tersebut harus mengajar minimal 24 jam/pekan, absensi yang baik serta guru yang merupakan angkatan 2006 ke bawah.

“Kalau guru tersebut angkatan 2007 atau 2008 ke atas belum mendapatkan tunjangan, karena itu aturannya yang disesuaikan dengan kemampuan APBN. Selain itu, guru yang mendapatkan tunjangan ini memang harus memiliki SKTP serta terdaftar di Dapodik. Semua kewenangan ada di pusat, kalau kami hanya memfasilitasi saja,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.