RSUD Kembali Dibangun

jabarekspres.com, CIMAHI – Tebengkalai hampir sembilan tahun lamanya, pembangunan lanjutan gedung C rumah sakit umum daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi akan segera dibangun kembali. Berdasrakan isu yang beredar di masyarakat, pembangunannya akan dilaksanakan mulai bulan ini.

Direktur Utama RSUD Cibabat, Trias Nugrahadi saat dihubungi melalui sambungan telepon, mengatakan, proses lelang sudah tuntas dan pemenangnya sudah ada.

“InsyaAlloh kalau tidak aral melintang, Juli sudah bisa dimulai pembangunan gedung C RSUD Cibabat ini. Ini merupakan pembangunan lanjutan karena sudah mangkrak hampir 9 tahun,” terang Trias.

Pembangunan gedung C RSUD Cibabat itu terhenti pada 2009 lalu. Padahal, rumah sakit yang terletak di Jln. Amir Machmud itu merupakan rumah sakit regional yang dijadikan rujukan masyarakat kota Cimahi dan sekitarnya.

“Karena tidak anggaran, jadi pembangunannya dihentikan sementara waktu,” kata Trias.

Untuk pembangunan itu lanjut TRia, mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi Jawa barat sebesar Rp 55 miliar.

“Desember 2017 akan selesai pembangunannya dengan dana Rp 55 miliar. Tapi nilai lelangnya saya belum tahu berapa nilainya,” jelasnya.

Untuk pengontrolannya, kata Trias, pihaknya akan diawasi oleh Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Pusat dan Daerah (TP4D) Kejari Cimahi.

Dijelaskan Trias, gedung C akan dibangun enam lantai. Lantai pertama rencananya terdapat ruang farmasi, laboratorium, rekam medik. Sedangkan untuk lantai dua, direncanakan terdapat ruang poliklinik. Kemudian lantai tiga akan ada ruang perawatan non bedah, seperti penyakit dalam dan saraf.

“Lantai empat untuk lantai bedah, lantai lima kita akan membuat lantai intensif care, ada NICU, PICU kemudian HCU, lantai lima kita usulkan untuk ICU, lantai enam untuk anak,” tambahnya.

Dengan dibangunnya gedung C maka akan menambah sekitar 120 tempat tidur. Meski sedang dibangun nanti, pelayanan di RSUD Cibabat akan berjalan seperti biasanya.

“Layanan kami untuk masyarakat, tidak akan terganggum, meski berbagai aktifitas pembangunan gedung tetap akan berjalan,” tandasnya. (ziz/gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan