Pengemudi Bus Dicek Kesehatan

jabarekspres.com, SUMEDANG – Upaya mendukung progam arus mudik 2017, PT Jasaraharja Cabang Sumedang membuka posko pelayanan kesehatan cuma-cuma di lokasi rest area Kampung Bhineka, Jalan Pangeran kornel, Kecamatan Sumedang Selatan, kemarin.

Pendirian posko kesehataan cuma-cuma di Kampung Bhineka, dinilai sangat strategis. Mengingat lokasi tersebut merupakan tempat transit bus jurusan Jakarta-Cirebon.

“Sengaja kita pilih lokasi ini, karena tempat pemberhentian bus Bhineka. Sehingga para penumpang yang tengah beristirahat dapat memanfaatkan jasa pelayanan kami,” kata Penanggung Jawab Jasaraharja Wilayah Sumedang, Tatan Muslihat kepada Jabar Ekspres, kemarin.

Dikatakan, posko tersebut dibuka selama empat hari. “Kita melakukan pelayanan kesehatan gratis ini hanya empat kali saja, H-2 dua hari serta H+7 dua hari,” tuturnya.

Dia beralasan, mengapa pelananan kesehatan cuma-cuma tetsebut hanya waktu-waktu tettentu saja? mengingat pada H-2, merupakan puncak arus mudik, sedangkan pada H+7, puncak arus balik.

“Alhamdulillah, pelayanan keseharan kami dapat dimanfaatkan para pemudi, mulai dari cek darah, pegalpegal, sakit kepala, masuk angin dan lain-lain,” ujarnya.

Dengan dilayani dokter jaga serta petugas medis, pohaknya dapat memberikan pelayanan kesehata kepada pemudik bahkan awak bus. “Bukan hanya cek kesehatan saja, kami pun menyiagakan perlengjapan obat-obatan plus mobil ambulans, untuk mengantisipasi jika ada pemudik yang harus di rujuk ke ruma sakit,” paparnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, pihaknya pun mensosialisasikan UU Nomor 16 tahun 2017 tenjang jasaraharja. “Selain pelayanan kesehatan, kita juga sosialisasikan masalah pengklaiman jasaraharja,” katanya.

Sementara itu, Yayan Heryana, salah seorang dokter yang bertugas di posko tersebut mengatakan, para pemudik rata-rata mengeluhkan batuj dan filek. “Keluhan tersebut tetjadi akibat perubahan cuaca dari panas ke dingin, ditambah kecapean saat dalam perjalanan yang cukup melelahkan,” ujarnya.

Ambar (58) salah seorang sopir bus jurusan Jakarta- Cirebon mengaku senang dengan pelayanan gratis tersebut, karena dapat menstabilkan kondisi tubuh selama istirahat. “Terima kasih Jasaraharja, karena sangat membantu kami dan para pemudik dalam masalah kesehatan,” ucapnya. (nur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan