oleh

49 Kuncen Cermat Dikukuhkan

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Untuk mendukung kelestarian dalam melakukan pengeloaan pemakaman, Pemkab Bandung Barat menggandeng lapisan masyarakat. Dimulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama serta aparat desa dan camat. Hal itu dilakukan  melalui Sosialisasi Pengukuhan Kuncen Cermat dan Perda Nomor 17 Tahun 2012, tentang Penyelenggaraan Pemakaman dan Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat di Kabupaten Bandung Barat.

H. Abubakar   Bupati Bandung Barat
H. Abubakar
Bupati Bandung Barat

Bupati Bandung Barat Abubakar melalui Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Bandung Barat Cucu Hertika mengungkapkan, tujuan sosialisasi itu, agar pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan tanah pemakaman lebih tertata dengan baik. Selanjutnya, kata dia, untuk merubah paradigma tanah kuburan menjadi taman pemakaman yang mendukung kelestarian dan keasrian lingkungan melalui pengelolaan yang baik antara pemerintah dengan masyarakat.

“Kita ingin pemakaman itu tidak lagi ada kesan kumuh, tapi harus bersih dan terlihat keasriannya. Makanya dibutuhkan peran seluruh masyarakat,” kata Cucu di Ngamprah, kemarin,(20/6).

Cucu menyebutkan, pada kegiatan sosialisasi ini dihadiri 200 peserta. Dalam kesempatan itu,  Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Bandung Barat Asep Ilyas secara resmi mengukuhkan 49 orang sebagai Kuncen Cermat atau sebutan pengelola makam yang lebih populer di kalangan masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga