Tembus 100 Juta Penonton

BERKAT kesuksesan besar Asal Kau Bahagia, Armada Band bahagia. Lagu dengan lirik dan irama catchy itu begitu mudah membuat pendengarnya merasakan earworm. Di YouTube, video lirik resmi mereka ditonton lebih dari 100 juta kali sejak dirilis empat bulan lalu.

Rizal Disandi, sang vokalis, menyebut capaian tersebut sebagai yang tercepat bila dibandingkan dengan musisi lain di Indonesia. ’’Ini di luar perkiraan banget. Sejak Februari dapat 100 juta penonton,’’ kata Rizal dijumpai di Pendopo Kemang, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, gelar klip lirik resmi musisi Indonesia yang paling banyak ditonton adalah single solo vokalis Last Child, Virgoun, Surat Cinta untuk Starla. Video itu dirilis pada Februari 2016 dan baru tembus 100 juta kali ditonton pada Mei lalu.

Rizal mengungkapkan, anak-anak Armada awalnya hanya menargetkan dua juta viewer dalam sebulan. Siapa sangka, target tersebut langsung terlampaui dalam dua hari. Mereka sangat berterima kasih kepada semua yang sudah mendengarkan lagu itu.

’’Ada yang emang suka, tapi ada juga yang penasaran karena lagunya disebut mirip lagu F4. Terus dengerin. Eh, yang denger itu lebih suka lagu ini (Asal Kau Bahagia). Terus, mereka putar sampai belasan kali dalam sehari,’’ jelas Rizal.

Menurut dia, Asal Kau Bahagia memiliki kekuatan lirik sederhana yang mudah diingat dan enak didengar. Terkait dengan nada yang disebut mirip lagu F4 yang berjudul Liu Xing Yu, Armada menanggapinya dengan santai. Rizal mengaku baru sadar ada kesamaan setelah video lirik tersebut diunggah pada 3 Februari.

’’Kan waktu itu kami masih sibuk mantengin HP karena lagunya baru rilis. Kami mau lihat responsnya gimana. Di situlah baru kami tahu ada part yang memang mirip. Tahunya ya dari komentar di YouTube,’’ ujarnya.

Rizal bersama personel lainnya langsung mendiskusikan hal tersebut. ’’Label, tim manajemen, dan kami sendiri merasa memang ini bukan kesengajaan. Cuma ada tujuh tangga nada. Regulasinya, kalau sampai delapan bar mirip, itu plagiat. Kami hitung, itu cuma dua bar dan berjauhan,’’ terangnya.

Mereka menyatakan, lagu yang nadanya mirip tidak hanya terjadi kepada Armada, tetapi juga band lain. ’’Tapi, enggak apa-apa dibilang mirip. Orang penasaran, nonton, viewer nambah lagi,’’ kata Rizal, lantas terbahak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan